| PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
| SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
| 1 | TAAT KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan arti taat kepada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menjelaskan cara taat kepada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Memahami adab sopan santun dalam beribadah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Mengemukakan contoh sederhana taat pada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | IMAN KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| A. Allah Maha Pemaaf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Pemaaf | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pemaaf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Pemaaf | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| B. Allah Maha Penolong | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| B. Allah Maha Pemurah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Pemurah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Pemurah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Pemurah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | AKHLAK TERPUJI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian Menepati janji | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menjelaskan pengertian Amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menyebutkan contoh menepati janji dan amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menunjukkan prilaku yang Menepati janji dan amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4 | KISAH RASUL ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| A. Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengungkapkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ketauladanan Nabi Sulaiman AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| A. Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengungkapkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| ketauladanan Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 5 | SYUKUR NIKMAT | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| A. Nikmat Jasmani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Jasmani | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| syukur terhadap nikmat jasmani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| B. Nikmat Rohani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Rohani | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| syukur terhadap nikmat Rohani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| C. Nikmat Rizqi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Rizqi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| syukur terhadap nikmat Rizqi | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 6 | KALIMAT-KALIMAT THOYYIBAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Memahami arti dari kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Membiasakan kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menunjukan prilaku yang mencerminkan sikap menghargai | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| karya orang lain, tabah, dan sikap mawas diri. | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 7 | AKHLAQ TERPUJI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian optimis | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Terbiasa berpikir positif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menjelaskan pengertian Ikhlash | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Bangga berbuat sesuatu karena Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menjelaskan pengertian Berterima kasih | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Terbiasa mengucapkan terima kasih | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap optimis, | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| ikhlash, dan berterima kasih | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| KELAS / SEMESTER : II / II | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
| SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JANUARI | FEBRUARI | MARET | APRIL | MEI | JUNI | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
| 1 | IMAN KEPADA MALAIKAT | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Mengimani adanya Malaikat Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menyebutkan asal kejadian Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menyebutkan nama-nama Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. menyebutkan tugas-tugas Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap Iman | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| kepada Malaikat Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | IMAN KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Mengemukakan contoh sederhana bahawa Allah tidak | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Berpermulaan (Qidam) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menunukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| terima kasih kepada kedua orang tua. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menjelaskan bahwa Allah Kekal (BAQA') | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Mengemukakan contoh sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| bahwa hanya Allah yang Kekal Abadi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Menjelaskan bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| h. Mengemukakan contoh sederhana bahwa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Maha Esa (WAHDANIYAH) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| i. MenunJukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| bahwa hanya kepada Allah-lah satu-satunya tujuan hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menyebutkan Nama-nama kItab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menyebytkan Nama-nama Rasul yang menerimanya | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Mengemukakan contoh cara mengimani Kitab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menjadikan Kitab suci sebagai pedoman hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Iman kepada Kitab-kitab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4 | ADAB BERIBADAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. menghormati kedudukan masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Bangga turut serta memakmurkan masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Gemar melaksnakan shalat Jama'ah di Masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mencintai masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Menjelaskan pengertian puasa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. membiasakan diri berpuasa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| h. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| I. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| kemampuan mengendalikan diri | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| j. Menjelaskan adab ketika membaca Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| k. Gemar membaca Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| l. Menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| m. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| sebagai generasi Qur'ani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| o. Menjelaskan adab ketika berdo'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| p. Gemar mendekatkan diri kepada Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| q. menjadikan sabar dan shalat sebagai sarana do'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| r. menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| seorang hamba yang gemar berdo'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 5 | AL-QURANUL KARIM | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan turunnya Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menjelaskan Pengertioan Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menjelaskan cara mentaati Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Membiasakan mengamalkan ajaran Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 6 | AKHLAK TERCELA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menjelaskan pengertian marah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. menjelaskan Pengertian Dusta | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menjelaskan Pengertian Malas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menjelaskan Pengertian Boros | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. menjelaskan pengertian Kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Menjauhi sifat marah, dusta, malas, boros, dan kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. menunjukan prilaku yang tidak suka marah, dusta, malas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| boros, dan kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA PELAJARAN : S K I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
| SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
| 1 | MEMBINA MASYARAKAT ISLAM DI MEKKAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1.1 | a. Menjelaskan cara Nabi mendekati dan membina pengikut | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| pengikutnya agar mereka memeluk Islam dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ikut menyiarkannya | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1.2 | b. Menggambarkan reaksi kaum kafir pada masa dakwah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| permulaan di Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | KETELADANAN KELUARGA RASUL SAW | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2.1 | a. menerangkan kecintaan Nabi terhadap istri beliau | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Khadijah dalam membina rumah tangga | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2.2 | b. menjelaskan kecintaan dan pengorbanan Khadijah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| dalam membela perjuangan Nabi Muhammad SAW | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2.3 | c. Menerangkan tentang ajaran Nabi Muhammad yang | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| berkenaan dengan perbaikan sosial masyarakat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| priode Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2.4 | d. Langkah-langkah para sahabat dalam perbaikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| sosial masyarakat priode Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | PEMBELAAN ATAS ORANG-ORANG TERANIAYA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3.1 | a. Menerangkan tentang budak-budak yang dianiaya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| oleh tuan-tuan mereka | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3.2 | b. Menjelaskan keteladanan umat Islam priode Mekkah dalam | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| hal pembebasan perbudakan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4 | HIJRAH KAUM MUSLIMIN KE NEGERI ABBASINIA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| ( ETHIOPIA) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4.1 | a. Menceritakan hijrah kaum Muslimin ke negeri Abbesinia | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| yang pertama | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4.2 | b. Menceritakan hijrah kaum Muslimin ke negeri Abbesini | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| yang kedua | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA PELAJARAN : S K I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| KELAS / SEMESTER : II / II | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
| SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JANUARI | FEBRUARI | MARET | APRIL | MEI | JUNI | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
| 1 | RASULULLAH HIJRAH KE THAIF | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah Khadijah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| dan Abu Thalib wafat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ketika hijrah ke Thaif dan Doa beliau untuk | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| penduduk Thaif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | ISRA' MI'RAJ DAN TANTANGAN MASYARAKAT MEKKAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menggambarkan Nabi Muhammad SAW dan tantangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| yang dihadapi menjelang Isra' Mi'raj | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| peristiwa Isra' Mi'raj | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. menjelaskan tantangan masyarakat Mekkah baik yang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mendukung atau yakin maupun yang menentang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| atau kafir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. menjelaskan inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| yang terkandung dalam pristiwa tersebut | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menyalin SuratAl Bayyinah dan Ad-Dhuha | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | HIJRAH KE MADINAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Menggambarkan tentang perjuangan Nabi Muhammad | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| SAW dan para sahabat untuk mencari jalan keluar dari | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| segala ancaman yang datang dari kafir Quraisy | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Menjelaskan tentang rencana-rencana jahat yang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| dilakukan kafir Quraisy untuk membinasakan Nabi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Muhammad SAW dan umat Islam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Menerangkan tentang penduduk Madinah memeluk | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| agama Islam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Menjelaskan peristiwa Bai'at Aqabah pertama dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Bai'at Aqabah kedua | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menyebutkan secara singkat sebab-sebab kaum | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Muslimin Hijrah ke Madinah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Menceritakan kisah hijrahnya Nabi, Abu Bakar, Umar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Usman dan Ali | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hijrah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Nabi Muhammad ke Madinah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
| SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
| 1 | TAQDIIMUL USRAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | USRATU ASH-SHADIIQ | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | AS-SUAAL 'AN SYAIIN | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4 | FIL FASHLI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
| H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumat, 04 Mei 2012
Program semester Kelas II Diniyah Awwaliyah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar