PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
1 | TAAT KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan arti taat kepada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menjelaskan cara taat kepada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Memahami adab sopan santun dalam beribadah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Mengemukakan contoh sederhana taat pada Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | IMAN KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Allah Maha Pemaaf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Pemaaf | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemaaf | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Pemaaf | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Allah Maha Penolong | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Penolong | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Allah Maha Pemurah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan bahwa Allah Maha Pemurah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah Maha | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemurah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Mensyukuri nikmat Qalbu (hati) | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap Pemurah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | AKHLAK TERPUJI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian Menepati janji | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menjelaskan pengertian Amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menyebutkan contoh menepati janji dan amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menunjukkan prilaku yang Menepati janji dan amanah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | KISAH RASUL ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menceritakan kembali kisah Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengungkapkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nabi Sulaiman AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
ketauladanan Nabi Sulaiman AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengungkapkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
ketauladanan Nabi Isa AS | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | SYUKUR NIKMAT | |||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Nikmat Jasmani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Jasmani | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
syukur terhadap nikmat jasmani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Nikmat Rohani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Rohani | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
syukur terhadap nikmat Rohani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Nikmat Rizqi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian syukur nikmat Rizqi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
syukur terhadap nikmat Rizqi | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | KALIMAT-KALIMAT THOYYIBAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Memahami arti dari kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Membiasakan kalimat Thoyyibah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menunjukan prilaku yang mencerminkan sikap menghargai | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
karya orang lain, tabah, dan sikap mawas diri. | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | AKHLAQ TERPUJI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian optimis | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Terbiasa berpikir positif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menjelaskan pengertian Ikhlash | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Bangga berbuat sesuatu karena Allah | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menjelaskan pengertian Berterima kasih | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Terbiasa mengucapkan terima kasih | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap optimis, | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
ikhlash, dan berterima kasih | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KELAS / SEMESTER : II / II | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JANUARI | FEBRUARI | MARET | APRIL | MEI | JUNI | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
1 | IMAN KEPADA MALAIKAT | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Mengimani adanya Malaikat Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menyebutkan asal kejadian Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menyebutkan nama-nama Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. menyebutkan tugas-tugas Malaikat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menunjukkan pprilaku yang mencerminkan sikap Iman | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
kepada Malaikat Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | IMAN KEPADA ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Mengemukakan contoh sederhana bahawa Allah tidak | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berpermulaan (Qidam) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menunukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
terima kasih kepada kedua orang tua. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menjelaskan bahwa Allah Kekal (BAQA') | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Mengemukakan contoh sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
bahwa hanya Allah yang Kekal Abadi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Menjelaskan bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
h. Mengemukakan contoh sederhana bahwa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Maha Esa (WAHDANIYAH) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
i. MenunJukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
bahwa hanya kepada Allah-lah satu-satunya tujuan hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menyebutkan Nama-nama kItab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menyebytkan Nama-nama Rasul yang menerimanya | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Mengemukakan contoh cara mengimani Kitab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menjadikan Kitab suci sebagai pedoman hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Iman kepada Kitab-kitab Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | ADAB BERIBADAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. menghormati kedudukan masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Bangga turut serta memakmurkan masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Gemar melaksnakan shalat Jama'ah di Masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mencintai masjid | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Menjelaskan pengertian puasa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. membiasakan diri berpuasa | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
h. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
I. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
kemampuan mengendalikan diri | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
j. Menjelaskan adab ketika membaca Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
k. Gemar membaca Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
l. Menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
m. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
sebagai generasi Qur'ani | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
o. Menjelaskan adab ketika berdo'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
p. Gemar mendekatkan diri kepada Allah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
q. menjadikan sabar dan shalat sebagai sarana do'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
r. menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
seorang hamba yang gemar berdo'a | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | AL-QURANUL KARIM | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan turunnya Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menjelaskan Pengertioan Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menjelaskan cara mentaati Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Membiasakan mengamalkan ajaran Al-Qur'an | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | AKHLAK TERCELA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menjelaskan pengertian marah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. menjelaskan Pengertian Dusta | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menjelaskan Pengertian Malas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menjelaskan Pengertian Boros | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. menjelaskan pengertian Kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Menjauhi sifat marah, dusta, malas, boros, dan kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. menunjukan prilaku yang tidak suka marah, dusta, malas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
boros, dan kikir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN : S K I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
1 | MEMBINA MASYARAKAT ISLAM DI MEKKAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1 | a. Menjelaskan cara Nabi mendekati dan membina pengikut | |||||||||||||||||||||||||||||||||
pengikutnya agar mereka memeluk Islam dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
ikut menyiarkannya | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2 | b. Menggambarkan reaksi kaum kafir pada masa dakwah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
permulaan di Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | KETELADANAN KELUARGA RASUL SAW | |||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 | a. menerangkan kecintaan Nabi terhadap istri beliau | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Khadijah dalam membina rumah tangga | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2 | b. menjelaskan kecintaan dan pengorbanan Khadijah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
dalam membela perjuangan Nabi Muhammad SAW | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.3 | c. Menerangkan tentang ajaran Nabi Muhammad yang | |||||||||||||||||||||||||||||||||
berkenaan dengan perbaikan sosial masyarakat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
priode Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.4 | d. Langkah-langkah para sahabat dalam perbaikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
sosial masyarakat priode Mekkah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PEMBELAAN ATAS ORANG-ORANG TERANIAYA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 | a. Menerangkan tentang budak-budak yang dianiaya | |||||||||||||||||||||||||||||||||
oleh tuan-tuan mereka | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 | b. Menjelaskan keteladanan umat Islam priode Mekkah dalam | |||||||||||||||||||||||||||||||||
hal pembebasan perbudakan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | HIJRAH KAUM MUSLIMIN KE NEGERI ABBASINIA | |||||||||||||||||||||||||||||||||
( ETHIOPIA) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 | a. Menceritakan hijrah kaum Muslimin ke negeri Abbesinia | |||||||||||||||||||||||||||||||||
yang pertama | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2 | b. Menceritakan hijrah kaum Muslimin ke negeri Abbesini | |||||||||||||||||||||||||||||||||
yang kedua | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN : S K I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KELAS / SEMESTER : II / II | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JANUARI | FEBRUARI | MARET | APRIL | MEI | JUNI | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
1 | RASULULLAH HIJRAH KE THAIF | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah Khadijah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
dan Abu Thalib wafat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
ketika hijrah ke Thaif dan Doa beliau untuk | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
penduduk Thaif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | ISRA' MI'RAJ DAN TANTANGAN MASYARAKAT MEKKAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menggambarkan Nabi Muhammad SAW dan tantangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
yang dihadapi menjelang Isra' Mi'raj | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
peristiwa Isra' Mi'raj | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. menjelaskan tantangan masyarakat Mekkah baik yang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mendukung atau yakin maupun yang menentang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
atau kafir | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. menjelaskan inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
yang terkandung dalam pristiwa tersebut | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menyalin SuratAl Bayyinah dan Ad-Dhuha | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | HIJRAH KE MADINAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Menggambarkan tentang perjuangan Nabi Muhammad | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
SAW dan para sahabat untuk mencari jalan keluar dari | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
segala ancaman yang datang dari kafir Quraisy | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Menjelaskan tentang rencana-rencana jahat yang | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
dilakukan kafir Quraisy untuk membinasakan Nabi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Muhammad SAW dan umat Islam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Menerangkan tentang penduduk Madinah memeluk | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
agama Islam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Menjelaskan peristiwa Bai'at Aqabah pertama dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Bai'at Aqabah kedua | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menyebutkan secara singkat sebab-sebab kaum | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Muslimin Hijrah ke Madinah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Menceritakan kisah hijrahnya Nabi, Abu Bakar, Umar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Usman dan Ali | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hijrah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nabi Muhammad ke Madinah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
PESANTREN ASY-SYIFAA' - SYIFA BUDI JAKARTA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN : 2010 - 2011 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
TINGKAT : AWWALIYAH | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KELAS / SEMESTER : II / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO | NOMER | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI | BULAN / MINGGU | PENCAPAIAN | |||||||||||||||||||||||||||||
SK / KD | KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | TARGET | |||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | SK / SD | ||||
1 | TAQDIIMUL USRAH | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | USRATU ASH-SHADIIQ | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | AS-SUAAL 'AN SYAIIN | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | X | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | FIL FASHLI | |||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
struktur kalimat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
mu'annas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
f. Dapat membaca materi Qira'ah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
g. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat sederhana | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Test Sub Sumatif | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memeriksa / Menyetujui | Jakarta, 12 Juli 2010 M | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah : Pesantren Asy-Syifaa' | Wali Kelas II MD Awwaliyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||
H. ISKANDAR SYAH, M, Ag | MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumat, 04 Mei 2012
Program semester Kelas II Diniyah Awwaliyah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar