Selasa, 08 Mei 2012

program tahunan Madrasah Diniyah Takmiliyah


PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN            :  AL-QUR'AN HADITS
TINGKAT                              :  AWWALIYAH
KELAS                                   : II (DUA)

NO
SMT
KOMPETENSI DASAR
JML  JAM
MATERI POKOK
INDIKATOR

1
2
3
4
5
6
1

Membaca Al-Qur'an dengan bacaan idhar, Iqlab, Idghom dan ikhfa'
16
1.1. Bacaan Idhar
·           Menjelaskan arti Idhar
·           Menyebutkan huruf-huruf idhar
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan idhhar
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan idhar  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan idhar pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar




1.2. Bacaan Iqlab
·           Menjelaskan arti iqlab
·           Menyebutkan huruf-huruf iqlab
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan iqlab
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan iqlab  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan iqlab pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar




1.3. Bacaan Idghom
·           Menjelaskan arti Idghom
·           Menyebutkan huruf-huruf Idghom
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan Idghom
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan Idghom  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan Idghom pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar




1.4. Bacaan Ikhfa'
·           Menjelaskan arti Ikhfa'
·           Menyebutkan huruf-huruf Ikhfa'
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan Ikhfa'
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan Ikhfa'  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan Ikhfa' pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
2

Memahami hadits tentang menghormati orang tua dan dapat membiasakan berperilaku hormat pada orang tua/yang lebih tua dalam kehidupan sehari-hari.
4
2.1. Hadaits tentang menghormati orang tua.
·           Melafalkan haadits tentang menghormati orang tua
·           Menterjemahkan  hadits tentang menghormati orang tua
·           Menjelaskan isi pokok hadits tentang menghormati orang tua
·           Hafal Hadits tentang menghormati orang tua
·           Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang menghormati orang tua/yang lebih tua..
3

Memahami hadits tentang persaudaraan dan dapat dan dapat menerapkan  dalam kehidupan sehari-hari.
4
3.1. Hadits tentang Persaudaraan
·           Melafalkan haadits tentang Persaudaraan
·           Menterjemahkan  hadits tentang Persaudaraan
·           Menjelaskan isi pokok hadits tentang Persaudaraan
·           Hafal Hadits tentang Persaudaraan
·           Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang Persaudaraan
·           Membiasakan perilaku tenggang rasa tehadap sesama kawan.
4

Membaca dan Menulis surat Al-Buruj
4
4.1. Surat al-Buruj
·           Melafalkan surat Al-Buruj dengan fasih
·           Menyalin surat Al-Buruj dengan baik dan benar.

5

Memahami hokum mim sukun dalam idghom mutamaastilain, idhar syafawi, ikhfa' syafawi dan membiasakan membaca Al-Qur'an dengan ilmu tajwid
18
5.1 Bacaan idghom mutamaastilain,
·           Menjelaskan arti idghom mutamaastilain
·           Menyebutkan huruf-huruf idghom mutamaastilain
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan idghom mutamaastilain
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan idghom mutamaastilain   dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan idghom mutamaastilain pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar




5.2. idhar syafawi,
·           Menjelaskan arti idhar syafawi
·           Menyebutkan huruf-huruf idhar syafawi
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan syafawi,
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan idhar syafawi,  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan idhar syafawi ' pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar




5.3. ikhfa' syafawi
·           Menjelaskan arti ikhfa' syafawi
·           Menyebutkan huruf-huruf ikhfa' syafawi
·           Menjelaskan kaidah/rumus bacaan ikhfa' syafawi
·           Membaca kalimat yang mengandung bacaan ikhfa' syafawi  dengan benar
·           Menunjukkan contoh bacaan ikhfa' syafawi pada Qur'an
·           Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
6

Memahami pokok kandungan surat Al-Fiil
4
6.1. Isi pokok surat Al-Fiil
·           Menyebutkan arti Al-Fiil
·           Menjelaskan isi pokok surat Al-Fiil
·           Menunjukkan contoh perilaku yang berhubungan dengan isi pokoksurat Al-Fiil

7

Memahami pokok kandungan hadits tentang pentingnya penggunaan waktu dalam kehidupan sehari-hari.
6
Haadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·           Melafalkan haadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·           Menterjemahkan  hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·           Menjelaskan isi pokok hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·           Hafal Hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·           Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
8

Membaaca, menulis dan hafal surat Al-Zalzalah, Al-Bayyinah, dan al-Qodr serta dapat menggunakan dalam shalat
20
8.1 Surat Al-Zalzalah
·           Melafalkan surat Al-Zalzalah dengan fasih
·           Menyalin surat Al-Zalzalah dengan baik dan benar.
·           Hafal surat Al-Zalzalah dengan baik dan benar.
·           Membiasakan membaca surat Al-Zalzalah dengan benar dalam shalat





8.2. Al-Bayyinah
·           Melafalkan surat Al-Bayyinah dengan fasih
·           Menyalin surat Al-Bayyinah dengan baik dan benar.
·           Hafal surat Al-Bayyinah dengan baik dan benar.
·           Membiasakan membaca surat Al-Bayyinah dengan benar dalam shalat





8.3. al-Qodr
·           Melafalkan surat al-Qodr dengan fasih
·           Menyalin surat al-Qodr dengan baik dan benar.
·           Hafal surat al-Qodr dengan baik dan benar.
·           Membiasakan membaca surat al-Qodr dengan benar dalam shalat

9

Membaca, menulis dan hafal surat Al-Alaq dan Attiin serta dapat menggunakannya dalam shalat
24
9.1. Surat Al-Alaq
·           Melafalkan surat Al-Alaq dengan fasih
·           Menyalin surat Al-Alaq dengan baik dan benar.
·           Hafal surat Al-Alaq dengan baik dan benar.
·           Membiasakan membaca surat Al-Alaq dengan benar dalam shalat





9.2. Surat Attiin
·           Melafalkan surat Attiin dengan fasih
·           Menyalin surat Attiin dengan baik dan benar.
·           Hafal surat Attiin dengan baik dan benar.
·           Membiasakan membaca surat Attiin dengan benar dalam shalat
10

Hafal dengan baik dan benar hadits tentang iman, Islam dan Ihsan
18
10.1. hadits tentang iman,
·           Melafalkan haadits tentang iman,
·           Menterjemahkan  hadits tentang iman,
·           Hafal Hadits tentang iman,




10.2. hadits tentang Islam
·           Melafalkan haadits tentang Islam
·           Menterjemahkan  hadits tentang Islam
·           Hafal Hadits tentang Islam




10.3. hadits tentang Ihsan
·           Melafalkan haadits tentang Ihsan
·           Menterjemahkan  hadits tentang Ihsan
·           Hafal Hadits tentang Ihsan
11

Hafal surat al-Insyirah dan Ad-Dhuha serta dapat menggunakan dalam shalat
24
11.1. Suarat Al-Insyiroh.


11.2. Surat Adh-Dhuha
·           Melafalkan Surat Al-Insyirah
·           Hafal Surat Al-Insyirah dengan baik dan benar
·           Membiasakan membaca surat Al-Insyirah dengan benar dalam shalat.

·           Melafalkan Surat Adh-Dhuha
·           Hafal Surat Adh-Dhuha dengan baik dan benar
·           Membiasakan membaca surat Adh-Dhuha dengan benar dalam shalat.
12

Membaca Surat Al-Ghasiyah dengan fasih sesuai dengan Ilmu Tajwid
10
Surat Al-Ghasiah
·           Mendemontrasikan surat Al-Ghasiah dengan fasih.
·            
13

Hafal terjemahan .surat Al-fatihah dan surat Al-Ikhlash
16
13.1. Surat Al-fatihah dan terjemahnya


13.2. Surat Al-Ikhlash dan terjemahannya
* Menyebutkan arti al-Fatihah.
* Menerjemahkan surat Al-Fatihah
* Hafal terjemahan  surat Al-Fatihah ayat per ayat

·     Mennyebutkan arti surat Al-Ikhlash
·     Menerjemahkan surat Al-Ikhlash
·     Hafal terjemahan surat Al-Ikhlash ayat per ayat.
Jakarta,   17    Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah Asy-Syifaa'                                                                                                                           Wali Kelas II Awwaliyah



H. ISKANDAR SYAH, M. Ag                                                                                                                                             MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI,S. Pd.I

PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                        


MATA PELAJARAN            :  FIQIH
TINGKAT                              :  AWWALIYAH
KELAS                                   :  II (DUA)


NO
SMT
KOMPETENSI DASAR
JML  JAM
MATERI POKOK
INDIKATOR

1
2
3
4
5
6
01
GANJIL
Memahami dan mengetahui tentang shalat jum'at
6 jam
Shalat Jum'at
·           Menyebutkan hokum shalat jum'at bagi orang laki-laki
·           Menjelaskan waktu pelaksanaan shalat jum'at
·           Menjelaskan tata cara  melaksanakan shalat jum'at
·           Merasa bangga dan senang melaksanakan shalat jum'at
·           Berperilaku mencerminkan sikap menjiwai shalat jum'at
02
Memahami tentang shalat sunnah rawatib
6 jam
Shalat sunnah rawatib
·           Menjelaskan pengertian shalat sunnah rowatib
·           Menyusun table shalat sunnah rowatib qobliyah dan ba'diyah
·           Menyebutkan keutamaan shalat sunnah rawatib
·           Membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah rawatib
03
Memahami shalat tarawih dan witir
6 jam
Shalat sunnah tarawih dan witir
·           Menjelaskan pengertian shalat sunnah tarawih
·           Menjelaskan cara melaksanakan shalat tarawih
·           Menjelaskan waktu dan bilangan rokaat shalat tarawih
·           Mendefinisikan yang dimaksud dengan shalat witir
·           Menjelaskan waktu dan bilangan rakkat shalat witir
·           Membiasakan diri melaksanakan shalat tarawih dan witirt .
04
Memahami cara melaksanakan shalat  iddul fitri dan iddul adha
6 jam
Shalat idul fitri dan iddul adha
·           Menjelaskan waktu pelaksanaan shalat iddul fitri dan iddul adha
·           Menyebutkan bilangan rakaat shalat iddul fitri dan iddul adha
·           Menjelaskan cara melaksanakan shalat iddul fitri dan iddul adha
·           Menyebutkan keutamaan shalat iddul fitri dan iddul adha
·           Merasa senang melaksanakan shalat iddul fitri dan iddul aadha
05
Mengetahui cara melaksanakan shalat  dhuha
6 jam
Shalat dhuha
·           Melafazhkan niat shalat dhuha
·           Menyebutkan bilangan rakaat shalat dhuha dan waktu melaksanakannya shalat dhuha.
·           Menjelaskan cara melaksanakan shalat dhuha
·           Melafazhkan do'a setelah melaksanakan shalat dhuha.
01
GENAB
Memahami tata cara melaksanakan shalat tahajjud dan keutamaannya serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari
6 jam
Shalat sunnah tahajjud
·           Menjelaskan pengertian shalat sunnah tahajjud
·           Menyebutkan waktu dan bilangan rakaat shalat tahajjud
·           Mengemukakan cara melaksanakan shalat tahajjud
·           Membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah tahajjud.
02
Memahami shalat jama' dan qashar
8 jam
Shalat jama' dan qashar
·           Menjelaskan pengertian shalat jama' qashar
·           Menyebutkan hal-hal yang membolehkan menjama' dan mengqashar shalat
·           Membuat table shalat yang boleh di jama' dan di qashar
·           Melafazhkan  niat shalat jama' dan qashar dengan baik
·           Mempraktekan cara melaksanakan shalat jama' dan qashar
·           Merasa menyesali diri bila sampai meninggalkan shalat


03
Memahami tentang sujud sahwi
6 jam
Sujud sahawi
·           Menjelaskan arti dari sujud sahwi
·           Menyebutkan sebab-sebab melakukan sujud sahwi
·           Menjelaskan cara melakukan sujud sahwi
·           Menjelaskan waktu dan cara melakukan sujud

04
mengetahui cara melakukan sujud syukur
8 jam
Sujud syukur dan sujud tilawah
·           Membiasakan diri khusu' ketika melaksanakan shalat
·           Mengemukakan alas an-alasan melakukan sujud syukur
·           Menjelaskan waktu dan tata cara melakukan sujud syukur
·           Melafazhkan bacaan sujud syukur dengan benar.
·           Menunjukkan sikat bersyukur kepada Allah bila  mendapatkan ni'mat
·           Menjelaskan pengertian sujud tilawah
·           Mengemukakan alas an melakukan sujud tilawah
·           Melafazhkan bacaan sujud tilawah
·           Menjelaskan waktu dan cara melakukan sujud tilawah
·           Membiasakan diri melakukan sujud tilawah.

05
Mengetahui dan memahami cara melaksanakan shalat bagi orang yang sakit
6 jam
Shalat bagi orang sakit
·           Menjelaskan cara shalat bagi orang sakit dengan cara duduk, berbaring dan terlentang
·           Menelaskan cara shalat bagi orang yang tidak bisa menggerakkan anggota badan.
·           Membiasakan diri melaksanakan shalat walau dalam keadaan sakit
·           Menunjukkan ketaatan kepada Allah dalam keadaan sehat dan sakit.

Jakarta,   17    Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah Asy-Syifaa'                                                                                                               Wali Kelas II Awwaliyah




H. ISKANDAR SYAH, M. Ag                                                                                                                                 MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I



PROGRAM TAHUNAN


MATA PELAJARAN            :  AQIDAH AKLAK
TINGKAT                              :  AWWALIYAH
KELAS                                   :  II (DUA)

NO
SMT
KOMPETENSI DASAR
JML  JAM
MATERI POKOK
INDIKATOR

1
2
3
4
5
6
1
G  A  N  J  I  L
Taat kepada Allah SWT
4
Taat kepada Allah SWT
1.      Arti taat kepada Allah SWT.
2.      Cara taat kepada Allah SWT
·           Menjelaskan arti taat  kepada Allah SWT
·           Menjelaskan cara taat kepada Allah SWT
·           Menyebutkan contoh cara taat kepada Allah SWT
·           Mampu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya.
2
Sifat-sifat Allah SWT
3
Iman kepada Allah SWT
1.      Allah Maha pemaaf.
2.      Allah Maha Penolong
3.      Allah Maha pemurah
·           Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha Pemaaf
·           Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha   penolong
·           Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha pemurah

3
Membiasakan menepati janji dan amanah dalam kehidupan sehari-hari
4
Akhlak terpuji
1. menepati janji
2. amanah
·           Menyebutkan contoh menepati janji
·           Menyebutkan contoh sifat amanah
·           Menanamkan kebiasaan menepati janji
·           Membiasakan bersifat amanah
4
Meneladani kisah rasul Allahmensyukuri nikmat jasmani, rohani dan nikmat rizki
4
Kisah Rasul Allah
1. Nabi Sulaiman AS.
2. Nabi Isa AS
·           Menceritakan kisah keteladan  Rasul Allah
·           Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah kisah Rasul Allah
·           Meneladani sikap-sikap yang baik dari Rasul Allah
·           Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Sulaiman, AS
·           Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa. AS
5
Mensyukuri nikamt jasmani, rohani dan nikmat rizki
5
Sykur nikmat
1. nikmat jasmani
2. nikmat rohani
3. nikmat rizki
·           Menjelaskan arti syukur nikmat
·           Menyebutkan contoh mensyukuri nikmat Allah
·           Memperagakan contoh mensyukuri nikmat rizqi dari Allah
·           Merealisasikan nikmat rizqi dari Allah.
6
Mengetahui kalimat-kalimat thayyibah
5
Kalimat Thoyyibah.
1. Masya Allah
2. Innaa lillahi wainnaa ilaihi roojiun
3. Astaghfirulllah
·           Menjelaskan arti kalimat thoyyibah.
·           Membiasakan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah
·           Dapat menerapkan kapan kalimat-kalimat thoyyibah itu diucapkan.
·           Dapat mengartikan kalimat thoyyibah 1. Masya Allah
             2. Innaa lillahi wainnaa ilaihi roojiun   3. Astaghfirulllah


Terbiasa bersikap optimis, ikhlas dan berterimakasih
5
Akhlak terpuji
  1. optimis
  2. ikhlas
  3. berterimakasih
·           Menjelaskan pengertian optimis, ikhlas dan berterimakasih
·           Memberikan contoh-contoh akhlak terpuji:a. optimis, b. ikhlas, c. berterimakasih
·           Dapat memperagakan contoh perbuatan : a. optimis, b. ikhlas, c. berterimakasih
1
G  E  N  A  B
Mengimani adanya malaikat Allah dan memahami tugas-tugasnya
5
Iman kepada malaikat Allah
  1. nama-nama sepuluh malaikat
  2. tugas malaikat
·           menjelaskan arti iman kepada Malaikat
·           menyebutkan asal kejadian malaikat
·           menyebutkan nama-nama 10 malaikat
menjelaskan tugas-tugas malaikat
·           menghafal dalil naqli tentang adanya malaikat.
2
Mengimani sifat-sifat Allah SWT dan membiasakan bersifat seperti yang diperintahkan-Nya
5
Iman kepada Allah SWT
  1. Allah tidak bermulaan (Qidam)
  2. Allah maha Kekal (Baqa")
  3. Allah Maha Esa (wahdaniyah)
·           Mengartikan sifat wajib bagi Allah
·           Menjelaskan bahwa Allah tidak bermulaan
·           Menjelaskan bawah Allah maha Kekal
·           Menjelaskan bahwa Allah maha Esa
·           Menghafalkan dalil naqli tentang sifat Allah
·           A. qidam     b. baqa           c. wahdaniyah
3
Mengimani kitab-kitab Allah dan mampu mengamalkannya
5
Iman kepada kitab-kitab Allah
  1. nama-nama kitab Allah
  2. para Rasul penerima kitab Alah
  3. cara beriman kepada kitab Allah
·           menyebutkan kitab-kitab Allah
·           menyebutkan para Rasul yang menerima kitab Allah
·           menjelaskan cara beriman kepada kitab Allah
·           Menghafal dalil naqli tentang kitab-kigtab Allah
·           Membiasakan membaca dan menghafalkan serta mengamalkan Al-Qur'an
4
Memahami adab beribadah
5
Adab beribadah
  1. ketika masuk masjid
  2. ketika berpuasa
  3. ketika membaca AlQur'an.
  4. ketika berdo'a

·           menjelaskan arti ibadah
·           menjelaskan adab masuk masjid "
·           membaca do'a ketika masuk masjid
·           membiasakan melakukan amalan ketika di dalam masjid
·           mengamalkan adab-adab dalam berdo'a
5
Memahami arti iman kepada Al-Qur'an dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
5
Al-Qur'anul Karim
  1. permulaan turunnya Al-Qur'an
  2. Al-quran kitab suci umat Islam
  3. mentaati ajaran Al-qur'an
·           menjelaskan pengertian Al-Qur'an
·           menjelaskan awal diturunnkannya Al-Qur'an
·           mencontohkan cara mentaati Al-qur'an
·           membiasakan mengamalkan ajaran Al-Qur'an
6
Menghindari sifat pemarah, dusta malas boroa dan kikir dalam kehidupan sehari-hari
5
Akhlak ter cela
1. pemarah.
2. pendusta
3. pemalas
4. pemboros
5. kikir

·           menjelaskan arti akhlak
1.      pemarah               c. pemalas                 e. kikir
2.      pendusta              d. pemboros
·           menjelaskan akibat dari sifat marah, dusta, malas boros dan kikir
·           memapu membiasakan menghindari sifat marah, dusta malas, boros dan kikir.


Jakarta,   17    Juli 2011.
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah Asy-Syifaa'                                                                                                               Wali Kelas II Awwaliyah




H. ISKANDAR SYAH, M. Ag                                                                                                                                 MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A. Md.
PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN            :  SEJARAH ISLAM
TINGKAT                              :  AWWALIYAH
KELAS                                   :  II (DUA)

NO
SMT
KOMPETENSI DASAR
JML  JAM
MATERI POKOK
INDIKATOR

1
2
3
4
5
6
1
GANJIL
Memahami upaya-upaya Nabi Muhammad membina dakwah periode Makkah dan reaksi kaum kafir terhadap upaya  tersebut.
4
1.   upaya-uapaya dakwah nabi  Muhammad periode makkah
2.   reaksi kaum kafir
·           menjelaskan upaya-upaya Nabi Muhammad agar orang-orang terdekatnya memeluk agama Islam.
·           Menyebutkan keluarga dan orang-orang terdekat beliau yang pertama masuk agama Islam
·           Menjelaskan reaksi kaum kafir pada masa permulaan dakwah
·           Menyebutkan jenis-jenis gangguan yang dilakukan oleh kaum kafir.
2
Mengetahui, memahami, menghayati keteladanan kehidupan keluarga Nabi Muhammad SAW dan uapaya-upaya mereka dalam membina dan mengatasi masalah  kemasyarakatan dan meneladaninya.
3
1.   Kecintaan nabi terhadap istrinya.
2.   pengorbanan siti khadijah dalam membela perjuangan Nabi.
3.   Mengatasi masalah kemasyarakatan
4.   langkah-langkah para sahabat dalam perbaikan social di Makkah.
·           Menjelaskan kecintaan Nabi Muhammad terhadap istrinya siti Khadijah
·           Pengorbanan siti Khadijah dalam membela perjuangan Nabi Muhammad
·           Menyebutkan ajaran Nabi Muhammad SAW tentang perbaikan social masyarakat pada periode Makkah
·           Menyebutkan langkah-langkah para sahabat dalam perbaikan social masyarakat pada periode Makkah
3
Mengetahui dan memahami sikap kaum muslimin terhadap perbudakan dan pembelaan orang-orang teraniaya
4
1.   Sikap kaum kafir quraisy terhadap budak-budak mereka yang masuk Islam.
2.   keteladanan para sahabat Nabi dalam membebaskan budak budak teraniaya
·           menyebutkan nama-nama budak pemuka quraisy yang memeluk Islam
·           menceritakan tentang penganiayaan yang dialami oleh Bilal bin Rabbah
·           menjelaskan keteladanan para sahabat Nabi dalam usahanya membebaskan para budak.
·           Menyebutkan alas an-alasan seorang muslim harus memerdekakan budak.
4
Mengetahui dan memahami peristiwa hijrahnya para sahabat ke Abbesenia.
4
1.   hijrah ke Abbesenia yang pertama.
2.   hijrah ke Abbesenia yang kedua.
·           Menceritakan Hijrah ke abbesenia yang pertama
·           Menyebutkan nama-nama sahabat yang ikut hijrah pertama ke Abbesenia
·           Menceritakan hijrahnya kaum muslimin ke Abbesenia yang ke dua
·           Menyebutkan nama-nama sahabat yang ikut hijrah ke Abbesenia yang kedua.
1
GENAB
Mengetahui dan memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif serta meneladani kesabaran beliau
5
1.      tekanan kaum kafir quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW ke Thaif
2.      perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Thaif
·           Menjelaskan kuatnya tekanan kaum kafir quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW setelah Khadijah dan Abu Thalib wafat.
·           As
·           Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif
·           Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad ketika hijrah ke Thaif
·           Menulisan do'a Nabi Muhammad SAW untuk penduduk Thaif ketika beliau hijrah.
2
Mengetahui dan memahami peristiwa Isra' Mi'raj dan hijrah Rasulullah serta tantangn-tantangan yang dihadapinya menjelang hijrah
5
  1. Isra' Mi'raj




  1. Tantangan masyarakat Makkah



  1. Inti dan pesan Isra' Mi'raj.


  1. Hikmah Isra' Mi'raj
·           Menjelaskan sebab-sebab Nabi Muhammad di Isra' Mi'rajkan oleh Allah SWT
·           Menjelaskan pengertian Isra'
·           Menjelaskan pengertian Miraj
·           Menyebutkan tempat-tempat yang disinggahi Nabi Muhammad ketika beliau Isra'  Mi'raj.
·           Menjelaskan tantangan yang dihadapi Nabi Muhammad SAW menjelang Isra' Mi'raj
·           Menjelaskan sikap dan tanggapan orang kafir quraisy terhadap peristiwa isra' mi'raj

·           Menyebutkan inti dan pesan yang terkandung dalam peristiwa isra' mi'raj
·           Menyebutkan hikmah dari ISra' dan Mi'raj Nabi Mihammad

Jakarta,   17    Juli 2011.
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah Asy-Syifaa'                                                                                                               wali kelas II Awwaliyah



H. ISKANDAR SYAH, M. Ag                                                                                                                                 MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I.
-
PROGRAM TAHUNAN


MATA PELAJARAN            :  BAHASA ARAB
TINGKAT                              :  AWWALIYAH
KELAS                                   :  II (DUA)

NO
SMT
KOMPETENSI DASAR
JML  JAM
MATERI POKOK
INDIKATOR

1
2
3
4
5
6
1
GANJIL
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata serta membuat tulisan /karangan sederhana sesuai dengan materi tentang
تَقديم الأسرة
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi :
ضمير متصل مفرد
2
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang
تَقديم الأسرة
Seperti :
اسره – اب – ام -  ابن – ابنة -  اخت
زوج - - زوجة  - ولد - ايضا

·           Mengucapkan/melafalkan mufrodat baru dengan fasih dan intonasi yang baik
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufrodat baru dengan tepat ke dalam sebuah kalimat
1
Hiwar tentang :
تَقديم الأسرة
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
ضمير متصل مفرد

·           Mengucapkan /melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan.
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih dan benar.
2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
تَقديم الأسرة
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

ضمير متصل مفرد
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·           Mengidentifikasikan :       تَقديم الأسرة
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
ضمير متصل مفرد
Seperti
هذا أبى
هذا امى
Dan pertanyaan
من هذا  ؟
من هذه ؟
·           Menjelaskan kedudukan : ضمير متصل مفرد   dalam qowaidul lughah yang benar.
·           Menyebutkan macam-macam ضمير متصل مفرد   dengan benar.
·           Hafal macam-macam ضمير متصل مفرد   dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.

1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         تَقديم الأسرة
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
2
GANJIL
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    اسرة الصديق
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :  ضمير متصل مفرء
1
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  سرة الصديق
Seperti :
كيف حالك  ؟ بخير
والحمد الله – طالب
طالبة - نسيط

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .

1
Hiwar tentang     اسرة الصديق          dengan menggunakan mufradat baru dengan struktur kalimat yang meliputi. : 
 ضمير متصل مفرء
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.

2
Qira’ah dengan menggunakan mufrodat aru tentang
اسرة الصديق         
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari
ضمير متصل مفرء
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
Mengidentifikasikan :       اسرة الصديق         
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
ضمير متصل مفرء
Seperti
هذا ابوك  - هذا اخوك
Dan pertanyaan

من هذا  ؟
من ذلك   ؟
من تلك  ؟

·            Menjelaskan kedudukan : ضمير متصل مفرء  dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam ضمير متصل مفرء      dengan benar.
·            Hafal macam-macam ضمير متصل مفرء      dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.

1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         اسرة الصديق
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
3
GANJIL
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    السوال عن شئ
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :  ما- من + ضمير + اسم
1
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  سرة الصديق
Seperti :
ما هذا الكتاب ؟ الغة العربية – الفقه – التفسير – الحديث
– ماهر – رئس الفصل - بنت

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .

1
Hiwar tentang :
السوال عن شئ
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
ما- من + ضمير + اسم
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.

2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
السوال عن شئ
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

ما- من + ضمير + اسم
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       السوال عن شئ
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.

5
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
السوال عن شئ
Seperti
هذا كتاب
اللغة العربية هي موظفة
Dan pertanyaan
ماهذ الكتاب   ؟
من تلك السيرة ؟
·            Menjelaskan kedudukan : ما- من + ضمير + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam ما- من + ضمير + اسم      dengan benar.
·            Hafal macam-macam ما- من + ضمير + اسم dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.

5
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         السوال عن شئ
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
4

GANJIL
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    فى الفصل
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :  ال + اسم + اسم
1
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  فى الفصل
Seperti :
فصل – واسع – جميل – نظيف – متسخ – تفال – ندخل الفصل

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .

1
Hiwar tentang :
فى الفصل
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
ال + اسم + اسم
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.

2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
فى الفصل
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

ال + اسم + اسم
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       فى الفصل
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.

2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
فى الفصل
Seperti
الفصل جميل
السبورة  متسخة
Dan pertanyaan
ماهذا   ؟
هل هذا الكتاب نظيف  ؟
·            Menjelaskan kedudukan : ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam ال + اسم + اسم      dengan benar.
·            Hafal macam-macam ال + اسم + اسم dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.


1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         فى الفصل
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
5
G E N A P
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    حد يقة البيت
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :  ال + اسم + اسم
2
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  حد يقة البيت
Seperti :
بين – حديقة – شجرة – زهرة – ازهار – ياسمين – الورد – شكرا - عفوا

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .


1
Hiwar tentang :
حد يقة البيت
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
ال + اسم + اسم
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.


2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
حد يقة البيت
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

ال + اسم + اسم
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       حد يقة البيت
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
ال + اسم + اسم
Seperti
هذا بيتى – البيت جميل
هذه حديقتى – الحديقة جميلة
Dan pertanyaan
هل هذا بيتك ؟
هل بيتك جميل ؟

·            Menjelaskan kedudukan : ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam ال + اسم + اسم      dengan benar.
·            Hafal macam-macam ال + اسم + اسم dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.


1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         حد يقة البيت
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
6
G E N A P
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    غرفة الجلوس
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :
  هذا – هذه + ال + اسم + اسم
2
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  غرفة الجلوس

Seperti :
غرفة الجلوس – هذه الغرفة
جميلة جدا – منظمة – منضدة – كراسى - مصباح

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .


1
Hiwar tentang :
غرفة الجلوس
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
هذا – هذه + ال + اسم + اسم
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.


2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
غرفة الجلوس
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

هذا – هذه + ال + اسم + اسم
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       غرفة الجلوس
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
هذا – هذه + ال + اسم + اسم
Seperti
هذا بيتى كبير
هذه الغرفة جميلة
Dan pertanyaan
هل هذا بيتك  كبير ؟
هل هذه الغرفة جميلة ؟

·            Menjelaskan kedudukan : هذا – هذه + ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam هذا – هذه + ال + اسم + اسم      dengan benar.
·            Hafal macam-macam هذا – هذه + ال + اسم + اسم dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.


1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         غرفة الجلوس
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
7
G E N A P
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    فى الصف
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :
 ادوات الجر
2
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  فى الصف
Seperti :
طباشير – فى – الحقيبة على المكتب – وراء – امام – خريطة – حائط - مسطتو

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .


1
Hiwar tentang :
فى الصف
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
ادوات الجر
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.


2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
فى الصف
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

ادوات الجر
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       فى الصف
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
ادوات الجر
Seperti
القلم فى الحقيبة, الكتاب على المكتب, المدرسة امام السبورة
Dan pertanyaan
اين ......... ؟
  اين  القلم ......... ؟
اين المدرسة  ؟

·            Menjelaskan kedudukan : ادوات الجر dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam ادوات الجر dengan benar.
·            Hafal macam-macam ادوات الجر dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.


1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         فى الصف
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
8








G E N A P
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang    مراجعة
Dengan menggunakan  struktur kalimat dasar yang meliputi :
 1 s/d 7
2
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang  مراجعة
Seperti :
1 s/d 5

·           Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·           Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·           Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .


1
Hiwar tentang :
مراجعة
Dengan menggunakan mufrodat baru dengan struktur kalimat yang meliputi :
1 s/d 5
·           Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang baik.
·           Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·           Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·           Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.


2
Qira'ah dengan menggunakan mufrodat baru tentang :
مراجعة
Dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari :

1 s/d 5
·           Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·           Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan benar,
·           Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul lughoh
·           Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan benar.
·         Mengidentifikasikan :       مراجعة
·           Membiasakan diri  berlatih membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.


2
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
مراجعة
Seperti
1 s/d 5
Dan  pertanyaan
1 s/d 5

·            Menjelaskan kedudukan : 1 s/d 5dalam qowaidul lughah yang benar.
·            Menyebutkan macam-macam 1 s/d 5dengan benar.
·            Hafal macam-macam 1 s/d 5dengan benar
·           Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah di ajarkan.
·           Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam percakapan dan latihan menulis sehari-hari.


1
Insya muwaajjah dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
·           Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan sederhana) mendekati tema :         مراجعة
·           Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar sesuai qawidul  dan imlaiyah
·           Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·           Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan.
·           Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari


Jakarta,   17    Juli 2011

Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah Asy-Syifaa'                                                                                                               Wali Kelas II Awwaliyah





H. ISKANDAR SYAH, M. Ag                                                                                                                                 MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar