PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
AL-QUR'AN HADITS
TINGKAT :
AWWALIYAH
KELAS : II (DUA)
NO
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
JML JAM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
|
Membaca Al-Qur'an dengan bacaan
idhar, Iqlab, Idghom dan ikhfa'
|
16
|
1.1. Bacaan Idhar
|
·
Menjelaskan arti Idhar
·
Menyebutkan huruf-huruf idhar
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan idhhar
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan idhar dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan idhar pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
|
|
|
|
1.2. Bacaan Iqlab
|
·
Menjelaskan arti iqlab
·
Menyebutkan huruf-huruf iqlab
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan iqlab
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan iqlab dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan iqlab pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
|
|
|
|
1.3. Bacaan Idghom
|
·
Menjelaskan arti Idghom
·
Menyebutkan huruf-huruf Idghom
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan Idghom
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan Idghom dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan Idghom pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
|
|
|
|
1.4. Bacaan Ikhfa'
|
·
Menjelaskan arti Ikhfa'
·
Menyebutkan huruf-huruf Ikhfa'
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan Ikhfa'
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan Ikhfa' dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan Ikhfa' pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
2
|
|
Memahami hadits tentang
menghormati orang tua dan dapat membiasakan berperilaku hormat pada orang
tua/yang lebih tua dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
2.1. Hadaits tentang menghormati
orang tua.
|
·
Melafalkan haadits tentang menghormati orang tua
·
Menterjemahkan hadits tentang
menghormati orang tua
·
Menjelaskan isi pokok hadits tentang menghormati orang tua
·
Hafal Hadits tentang menghormati orang tua
·
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang menghormati
orang tua/yang lebih tua..
|
3
|
|
Memahami hadits tentang
persaudaraan dan dapat dan dapat menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
3.1. Hadits tentang Persaudaraan
|
·
Melafalkan haadits tentang Persaudaraan
·
Menterjemahkan hadits tentang
Persaudaraan
·
Menjelaskan isi pokok hadits tentang Persaudaraan
·
Hafal Hadits tentang Persaudaraan
·
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang Persaudaraan
·
Membiasakan perilaku tenggang rasa tehadap sesama kawan.
|
4
|
|
Membaca dan Menulis
|
4
|
4.1.
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
|
5
|
|
Memahami hokum mim sukun dalam
idghom mutamaastilain, idhar syafawi, ikhfa' syafawi dan membiasakan membaca
Al-Qur'an dengan ilmu tajwid
|
18
|
5.1 Bacaan idghom
mutamaastilain,
|
·
Menjelaskan arti idghom mutamaastilain
·
Menyebutkan huruf-huruf idghom mutamaastilain
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan idghom mutamaastilain
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan idghom mutamaastilain dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan idghom mutamaastilain pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
|
|
|
|
5.2. idhar syafawi,
|
·
Menjelaskan arti idhar syafawi
·
Menyebutkan huruf-huruf idhar syafawi
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan syafawi,
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan idhar syafawi, dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan idhar syafawi ' pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
|
|
|
|
5.3. ikhfa' syafawi
|
·
Menjelaskan arti ikhfa' syafawi
·
Menyebutkan huruf-huruf ikhfa' syafawi
·
Menjelaskan kaidah/rumus bacaan ikhfa' syafawi
·
Membaca kalimat yang mengandung bacaan ikhfa' syafawi dengan benar
·
Menunjukkan contoh bacaan ikhfa' syafawi pada Qur'an
·
Membiasakan membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar
|
6
|
|
Memahami pokok kandungan
|
4
|
6.1. Isi pokok
|
·
Menyebutkan arti Al-Fiil
·
Menjelaskan isi pokok
·
Menunjukkan contoh perilaku yang berhubungan dengan isi pokoksurat
Al-Fiil
|
7
|
|
Memahami pokok kandungan hadits
tentang pentingnya penggunaan waktu dalam kehidupan sehari-hari.
|
6
|
Haadits tentang pentingnya
penggunaan waktu.
|
·
Melafalkan haadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·
Menterjemahkan hadits tentang
pentingnya penggunaan waktu.
·
Menjelaskan isi pokok hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·
Hafal Hadits tentang pentingnya penggunaan waktu.
·
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan isi hadits tentang pentingnya
penggunaan waktu.
|
8
|
|
Membaaca, menulis dan hafal
|
20
|
8.1
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
·
Hafal
·
Membiasakan membaca
|
|
|
|
|
8.2. Al-Bayyinah
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
·
Hafal
·
Membiasakan membaca
|
|
|
|
|
8.3. al-Qodr
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
·
Hafal
·
Membiasakan membaca
|
9
|
|
Membaca, menulis dan hafal
|
24
|
9.1.
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
·
Hafal
·
Membiasakan membaca
|
|
|
|
|
9.2.
|
·
Melafalkan
·
Menyalin
·
Hafal
·
Membiasakan membaca
|
10
|
|
Hafal dengan baik dan benar
hadits tentang iman, Islam dan Ihsan
|
18
|
10.1. hadits tentang iman,
|
·
Melafalkan haadits tentang iman,
·
Menterjemahkan hadits tentang
iman,
·
Hafal Hadits tentang iman,
|
|
|
|
|
10.2. hadits tentang Islam
|
·
Melafalkan haadits tentang Islam
·
Menterjemahkan hadits tentang
Islam
·
Hafal Hadits tentang Islam
|
|
|
|
|
10.3. hadits tentang Ihsan
|
·
Melafalkan haadits tentang Ihsan
·
Menterjemahkan hadits tentang
Ihsan
·
Hafal Hadits tentang Ihsan
|
11
|
|
Hafal
|
24
|
11.1. Suarat Al-Insyiroh.
11.2.
|
·
Melafalkan Surat Al-Insyirah
·
Hafal Surat Al-Insyirah dengan baik dan benar
·
Membiasakan membaca
·
Melafalkan Surat Adh-Dhuha
·
Hafal Surat Adh-Dhuha dengan baik dan benar
·
Membiasakan membaca
|
12
|
|
Membaca Surat Al-Ghasiyah dengan
fasih sesuai dengan Ilmu Tajwid
|
10
|
|
·
Mendemontrasikan
·
|
13
|
|
Hafal terjemahan .surat
Al-fatihah dan
|
16
|
13.1.
13.2. Surat Al-Ikhlash dan
terjemahannya
|
* Menyebutkan arti al-Fatihah.
* Menerjemahkan
* Hafal terjemahan
·
Mennyebutkan arti
·
Menerjemahkan
·
Hafal terjemahan
|
Jakarta, 17
Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah
Asy-Syifaa' Wali Kelas II Awwaliyah
H. ISKANDAR SYAH, M. Ag MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI,S. Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
FIQIH
TINGKAT :
AWWALIYAH
KELAS :
II (DUA)
NO
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
JML JAM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
01
|
GANJIL
|
Memahami dan mengetahui tentang
shalat jum'at
|
6 jam
|
Shalat Jum'at
|
·
Menyebutkan hokum shalat jum'at bagi orang laki-laki
·
Menjelaskan waktu pelaksanaan shalat jum'at
·
Menjelaskan tata cara
melaksanakan shalat jum'at
·
Merasa bangga dan senang melaksanakan shalat jum'at
·
Berperilaku mencerminkan sikap menjiwai shalat jum'at
|
02
|
Memahami tentang shalat sunnah
rawatib
|
6 jam
|
Shalat sunnah rawatib
|
·
Menjelaskan pengertian shalat sunnah rowatib
·
Menyusun table shalat sunnah rowatib qobliyah dan ba'diyah
·
Menyebutkan keutamaan shalat sunnah rawatib
·
Membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah rawatib
|
|
03
|
Memahami shalat tarawih dan
witir
|
6 jam
|
Shalat sunnah tarawih dan witir
|
·
Menjelaskan pengertian shalat sunnah tarawih
·
Menjelaskan cara melaksanakan shalat tarawih
·
Menjelaskan waktu dan bilangan rokaat shalat tarawih
·
Mendefinisikan yang dimaksud dengan shalat witir
·
Menjelaskan waktu dan bilangan rakkat shalat witir
·
Membiasakan diri melaksanakan shalat tarawih dan witirt .
|
|
04
|
Memahami cara melaksanakan
shalat iddul fitri dan iddul adha
|
6 jam
|
Shalat idul fitri dan iddul adha
|
·
Menjelaskan waktu pelaksanaan shalat iddul fitri dan iddul adha
·
Menyebutkan bilangan rakaat shalat iddul fitri dan iddul adha
·
Menjelaskan cara melaksanakan shalat iddul fitri dan iddul adha
·
Menyebutkan keutamaan shalat iddul fitri dan iddul adha
·
Merasa senang melaksanakan shalat iddul fitri dan iddul aadha
|
|
05
|
Mengetahui cara melaksanakan
shalat dhuha
|
6 jam
|
Shalat dhuha
|
·
Melafazhkan niat shalat dhuha
·
Menyebutkan bilangan rakaat shalat dhuha dan waktu melaksanakannya
shalat dhuha.
·
Menjelaskan cara melaksanakan shalat dhuha
·
Melafazhkan do'a setelah melaksanakan shalat dhuha.
|
|
01
|
GENAB
|
Memahami tata cara melaksanakan
shalat tahajjud dan keutamaannya serta mempraktekkannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
6 jam
|
Shalat sunnah tahajjud
|
·
Menjelaskan pengertian shalat sunnah tahajjud
·
Menyebutkan waktu dan bilangan rakaat shalat tahajjud
·
Mengemukakan cara melaksanakan shalat tahajjud
·
Membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah tahajjud.
|
02
|
Memahami shalat jama' dan qashar
|
8 jam
|
Shalat jama' dan qashar
|
·
Menjelaskan pengertian shalat jama' qashar
·
Menyebutkan hal-hal yang membolehkan menjama' dan mengqashar shalat
·
Membuat table shalat yang boleh di jama' dan di qashar
·
Melafazhkan niat shalat jama'
dan qashar dengan baik
·
Mempraktekan cara melaksanakan shalat jama' dan qashar
·
Merasa menyesali diri bila sampai meninggalkan shalat
|
|
03
|
Memahami tentang sujud sahwi
|
6 jam
|
Sujud sahawi
|
·
Menjelaskan arti dari sujud sahwi
·
Menyebutkan sebab-sebab melakukan sujud sahwi
·
Menjelaskan cara melakukan sujud sahwi
·
Menjelaskan waktu dan cara melakukan sujud
|
|
04
|
mengetahui cara melakukan sujud
syukur
|
8 jam
|
Sujud syukur dan sujud tilawah
|
·
Membiasakan diri khusu' ketika melaksanakan shalat
·
Mengemukakan alas an-alasan melakukan sujud syukur
·
Menjelaskan waktu dan tata cara melakukan sujud syukur
·
Melafazhkan bacaan sujud syukur dengan benar.
·
Menunjukkan sikat bersyukur kepada Allah bila mendapatkan ni'mat
·
Menjelaskan pengertian sujud tilawah
·
Mengemukakan alas an melakukan sujud tilawah
·
Melafazhkan bacaan sujud tilawah
·
Menjelaskan waktu dan cara melakukan sujud tilawah
·
Membiasakan diri melakukan sujud tilawah.
|
|
05
|
Mengetahui dan memahami cara
melaksanakan shalat bagi orang yang sakit
|
6 jam
|
Shalat bagi orang sakit
|
·
Menjelaskan cara shalat bagi orang sakit dengan cara duduk, berbaring
dan terlentang
·
Menelaskan cara shalat bagi orang yang tidak bisa menggerakkan anggota
badan.
·
Membiasakan diri melaksanakan shalat walau dalam keadaan sakit
·
Menunjukkan ketaatan kepada Allah dalam keadaan sehat dan sakit.
|
Jakarta, 17
Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah
Asy-Syifaa' Wali Kelas II Awwaliyah
H. ISKANDAR SYAH, M. Ag MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
AQIDAH AKLAK
TINGKAT :
AWWALIYAH
KELAS : II (DUA)
NO
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
JML JAM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
G A N J I L
|
Taat kepada Allah SWT
|
4
|
Taat kepada Allah SWT
1.
Arti taat kepada Allah SWT.
2.
Cara taat kepada Allah SWT
|
·
Menjelaskan arti taat kepada
Allah SWT
·
Menjelaskan cara taat kepada Allah SWT
·
Menyebutkan contoh cara taat kepada Allah SWT
·
Mampu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya.
|
2
|
Sifat-sifat Allah SWT
|
3
|
Iman kepada Allah SWT
1.
Allah Maha pemaaf.
2.
Allah Maha Penolong
3.
Allah Maha pemurah
|
·
Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha Pemaaf
·
Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha
penolong
·
Menyebutkan contoh bahwa Allah Maha pemurah
|
|
3
|
Membiasakan menepati janji dan
amanah dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
Akhlak terpuji
1. menepati janji
2. amanah
|
·
Menyebutkan contoh menepati janji
·
Menyebutkan contoh sifat amanah
·
Menanamkan kebiasaan menepati janji
·
Membiasakan bersifat amanah
|
|
4
|
Meneladani kisah rasul
Allahmensyukuri nikmat jasmani, rohani dan nikmat rizki
|
4
|
Kisah Rasul Allah
1. Nabi Sulaiman AS.
2. Nabi Isa AS
|
·
Menceritakan kisah keteladan
Rasul Allah
·
Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah kisah Rasul Allah
·
Meneladani sikap-sikap yang baik dari Rasul Allah
·
Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah
·
Mengemukakan hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa. AS
|
|
5
|
Mensyukuri nikamt jasmani,
rohani dan nikmat rizki
|
5
|
Sykur nikmat
1. nikmat jasmani
2. nikmat rohani
3. nikmat rizki
|
·
Menjelaskan arti syukur nikmat
·
Menyebutkan contoh mensyukuri nikmat Allah
·
Memperagakan contoh mensyukuri nikmat rizqi dari Allah
·
Merealisasikan nikmat rizqi dari Allah.
|
|
6
|
Mengetahui kalimat-kalimat
thayyibah
|
5
|
Kalimat Thoyyibah.
1. Masya Allah
2. Innaa lillahi wainnaa ilaihi
roojiun
3. Astaghfirulllah
|
·
Menjelaskan arti kalimat thoyyibah.
·
Membiasakan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah
·
Dapat menerapkan kapan kalimat-kalimat thoyyibah itu diucapkan.
·
Dapat mengartikan kalimat thoyyibah 1. Masya Allah
2. Innaa lillahi wainnaa ilaihi
roojiun 3. Astaghfirulllah
|
|
|
Terbiasa bersikap optimis,
ikhlas dan berterimakasih
|
5
|
Akhlak terpuji
|
·
Menjelaskan pengertian optimis, ikhlas dan berterimakasih
·
Memberikan contoh-contoh akhlak terpuji:a. optimis, b. ikhlas, c.
berterimakasih
·
Dapat memperagakan contoh perbuatan : a. optimis, b. ikhlas, c.
berterimakasih
|
|
1
|
G E N A B
|
Mengimani adanya malaikat Allah
dan memahami tugas-tugasnya
|
5
|
Iman kepada malaikat Allah
|
·
menjelaskan arti iman kepada Malaikat
·
menyebutkan asal kejadian malaikat
·
menyebutkan nama-nama 10 malaikat
menjelaskan tugas-tugas malaikat
·
menghafal dalil naqli tentang adanya malaikat.
|
2
|
Mengimani sifat-sifat Allah SWT
dan membiasakan bersifat seperti yang diperintahkan-Nya
|
5
|
Iman kepada Allah SWT
|
·
Mengartikan sifat wajib bagi Allah
·
Menjelaskan bahwa Allah tidak bermulaan
·
Menjelaskan bawah Allah maha Kekal
·
Menjelaskan bahwa Allah maha Esa
·
Menghafalkan dalil naqli tentang sifat Allah
·
A. qidam b. baqa c. wahdaniyah
|
|
3
|
Mengimani kitab-kitab Allah dan
mampu mengamalkannya
|
5
|
Iman kepada kitab-kitab Allah
|
·
menyebutkan kitab-kitab Allah
·
menyebutkan para Rasul yang menerima kitab Allah
·
menjelaskan cara beriman kepada kitab Allah
·
Menghafal dalil naqli tentang kitab-kigtab Allah
·
Membiasakan membaca dan menghafalkan serta mengamalkan Al-Qur'an
|
|
4
|
Memahami adab beribadah
|
5
|
Adab beribadah
|
·
menjelaskan arti ibadah
·
menjelaskan adab masuk masjid "
·
membaca do'a ketika masuk masjid
·
membiasakan melakukan amalan ketika di dalam masjid
·
mengamalkan adab-adab dalam berdo'a
|
|
5
|
Memahami arti iman kepada
Al-Qur'an dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5
|
Al-Qur'anul Karim
|
·
menjelaskan pengertian Al-Qur'an
·
menjelaskan awal diturunnkannya Al-Qur'an
·
mencontohkan cara mentaati Al-qur'an
·
membiasakan mengamalkan ajaran Al-Qur'an
|
|
6
|
Menghindari sifat pemarah, dusta
malas boroa dan kikir dalam kehidupan sehari-hari
|
5
|
Akhlak ter cela
1. pemarah.
2. pendusta
3. pemalas
4. pemboros
5. kikir
|
·
menjelaskan arti akhlak
1.
pemarah c.
pemalas e. kikir
2.
pendusta d.
pemboros
·
menjelaskan akibat dari sifat marah, dusta, malas boros dan
kikir
·
memapu membiasakan menghindari sifat marah, dusta malas, boros dan
kikir.
|
Jakarta, 17
Juli 2011.
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah
Asy-Syifaa' Wali Kelas II Awwaliyah
H. ISKANDAR SYAH,
M. Ag MOH.
SYAIFUDDIN ZUHRI, A. Md.
PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
SEJARAH ISLAM
TINGKAT :
AWWALIYAH
KELAS :
II (DUA)
NO
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
JML JAM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
GANJIL
|
Memahami upaya-upaya Nabi
Muhammad membina dakwah periode Makkah dan reaksi kaum kafir terhadap
upaya tersebut.
|
4
|
1. upaya-uapaya dakwah
nabi Muhammad periode makkah
2. reaksi kaum kafir
|
·
menjelaskan upaya-upaya Nabi Muhammad agar orang-orang terdekatnya
memeluk agama Islam.
·
Menyebutkan keluarga dan orang-orang terdekat beliau yang pertama
masuk agama Islam
·
Menjelaskan reaksi kaum kafir pada masa permulaan dakwah
·
Menyebutkan jenis-jenis gangguan yang dilakukan oleh kaum kafir.
|
2
|
Mengetahui, memahami, menghayati
keteladanan kehidupan keluarga Nabi Muhammad SAW dan uapaya-upaya mereka
dalam membina dan mengatasi masalah
kemasyarakatan dan meneladaninya.
|
3
|
1. Kecintaan nabi terhadap
istrinya.
2. pengorbanan siti
khadijah dalam membela perjuangan Nabi.
3. Mengatasi masalah
kemasyarakatan
4. langkah-langkah para
sahabat dalam perbaikan social di Makkah.
|
·
Menjelaskan kecintaan Nabi Muhammad terhadap istrinya siti Khadijah
·
Pengorbanan siti Khadijah dalam membela perjuangan Nabi Muhammad
·
Menyebutkan ajaran Nabi Muhammad SAW tentang perbaikan social
masyarakat pada periode Makkah
·
Menyebutkan langkah-langkah para sahabat dalam perbaikan social
masyarakat pada periode Makkah
|
|
3
|
Mengetahui dan memahami sikap
kaum muslimin terhadap perbudakan dan pembelaan orang-orang teraniaya
|
4
|
1. Sikap kaum kafir quraisy
terhadap budak-budak mereka yang masuk Islam.
2. keteladanan para sahabat
Nabi dalam membebaskan budak budak teraniaya
|
·
menyebutkan nama-nama budak pemuka quraisy yang memeluk Islam
·
menceritakan tentang penganiayaan yang dialami oleh Bilal bin Rabbah
·
menjelaskan keteladanan para sahabat Nabi dalam usahanya membebaskan
para budak.
·
Menyebutkan alas an-alasan seorang muslim harus memerdekakan budak.
|
|
4
|
Mengetahui dan memahami
peristiwa hijrahnya para sahabat ke Abbesenia.
|
4
|
1. hijrah ke Abbesenia yang
pertama.
2. hijrah ke Abbesenia yang
kedua.
|
·
Menceritakan Hijrah ke abbesenia yang pertama
·
Menyebutkan nama-nama sahabat yang ikut hijrah pertama ke Abbesenia
·
Menceritakan hijrahnya kaum muslimin ke Abbesenia yang ke dua
·
Menyebutkan nama-nama sahabat yang ikut hijrah ke Abbesenia yang
kedua.
|
|
1
|
GENAB
|
Mengetahui dan memahami hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Thaif serta meneladani kesabaran beliau
|
5
|
1.
tekanan kaum kafir quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW ke Thaif
2.
perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Thaif
|
·
Menjelaskan kuatnya tekanan kaum kafir quraisy terhadap Nabi Muhammad
SAW setelah Khadijah dan Abu Thalib wafat.
·
As
·
Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif
·
Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad ketika hijrah ke Thaif
·
Menulisan do'a Nabi Muhammad SAW untuk penduduk Thaif ketika beliau
hijrah.
|
2
|
Mengetahui dan memahami
peristiwa Isra' Mi'raj dan hijrah Rasulullah serta tantangn-tantangan yang
dihadapinya menjelang hijrah
|
5
|
|
·
Menjelaskan sebab-sebab Nabi Muhammad di Isra' Mi'rajkan oleh Allah
SWT
·
Menjelaskan pengertian Isra'
·
Menjelaskan pengertian Miraj
·
Menyebutkan tempat-tempat yang disinggahi Nabi Muhammad ketika beliau
Isra' Mi'raj.
·
Menjelaskan tantangan yang dihadapi Nabi Muhammad SAW menjelang Isra'
Mi'raj
·
Menjelaskan sikap dan tanggapan orang kafir quraisy terhadap peristiwa
isra' mi'raj
·
Menyebutkan inti dan pesan yang terkandung dalam peristiwa isra'
mi'raj
·
Menyebutkan hikmah dari ISra' dan Mi'raj Nabi Mihammad
|
Jakarta, 17
Juli 2011.
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah
Asy-Syifaa' wali kelas II Awwaliyah
H. ISKANDAR SYAH, M. Ag MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I.
-
PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
BAHASA ARAB
TINGKAT : AWWALIYAH
KELAS :
II (DUA)
NO
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
JML JAM
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
GANJIL
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata serta membuat tulisan /karangan sederhana
sesuai dengan materi tentang
تَقديم
الأسرة
Dengan menggunakan struktur
kalimat dasar yang meliputi :
ضمير
متصل مفرد
|
2
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang
تَقديم
الأسرة
Seperti :
اسره
– اب – ام - ابن – ابنة - اخت
زوج
- - زوجة - ولد - ايضا
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufrodat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufrodat baru dengan tepat ke dalam sebuah kalimat
|
1
|
Hiwar tentang :
تَقديم
الأسرة
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
ضمير متصل مفرد
|
·
Mengucapkan /melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan.
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih dan benar.
|
|||
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
تَقديم
الأسرة
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
ضمير متصل
مفرد
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : تَقديم الأسرة
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
|||
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
ضمير متصل
مفرد
Seperti
هذا
أبى
هذا
امى
Dan pertanyaan
من
هذا ؟
من
هذه ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ضمير متصل مفرد dalam qowaidul lughah
yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ضمير متصل مفرد dengan benar.
·
Hafal macam-macam ضمير متصل مفرد dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|||
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana (karangan
sederhana) mendekati tema : تَقديم الأسرة
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
||
2
|
GANJIL
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana
sesuai demgam materi tentang اسرة الصديق
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi : ضمير متصل مفرء
|
1
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang سرة الصديق
Seperti :
كيف
حالك ؟ بخير
والحمد
الله – طالب
طالبة
- نسيط
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
1
|
Hiwar tentang اسرة الصديق dengan
menggunakan mufradat baru dengan struktur kalimat yang meliputi. :
ضمير متصل مفرء
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
||
|
2
|
Qira’ah dengan menggunakan
mufrodat aru tentang
اسرة الصديق
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari
ضمير متصل
مفرء
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
Mengidentifikasikan : اسرة الصديق
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
||
|
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
ضمير متصل
مفرء
Seperti
هذا ابوك - هذا اخوك
Dan pertanyaan
من
هذا ؟
من
ذلك ؟
من
تلك ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ضمير متصل مفرء dalam qowaidul lughah
yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ضمير متصل مفرء dengan benar.
·
Hafal macam-macam ضمير متصل مفرء dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
اسرة
الصديق
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
||
3
|
GANJIL
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana
sesuai demgam materi tentang السوال عن شئ
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi : ما- من + ضمير + اسم
|
1
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang سرة الصديق
Seperti :
ما
هذا الكتاب ؟ الغة العربية – الفقه – التفسير – الحديث
–
ماهر – رئس الفصل - بنت
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
1
|
Hiwar tentang :
السوال
عن شئ
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
ما- من + ضمير + اسم
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
||
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
السوال
عن شئ
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
ما- من + ضمير
+ اسم
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : السوال عن شئ
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
||
|
5
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
السوال عن شئ
Seperti
هذا
كتاب
اللغة
العربية هي موظفة
Dan pertanyaan
ماهذ
الكتاب ؟
من
تلك السيرة ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ما- من + ضمير + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ما- من + ضمير + اسم dengan benar.
·
Hafal macam-macam ما- من + ضمير + اسم
dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
||
|
5
|
Insya muwaajjah dengan menggunakan
mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
السوال
عن شئ
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
||
4
|
GANJIL
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana
sesuai demgam materi tentang فى الفصل
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi : ال + اسم + اسم
|
1
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang فى الفصل
Seperti :
فصل
– واسع – جميل – نظيف – متسخ – تفال – ندخل الفصل
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
1
|
Hiwar tentang :
فى
الفصل
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
ال + اسم + اسم
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
||
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
فى
الفصل
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
ال + اسم +
اسم
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : فى الفصل
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
||
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
فى الفصل
Seperti
الفصل
جميل
السبورة متسخة
Dan pertanyaan
ماهذا ؟
هل
هذا الكتاب نظيف ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ال + اسم + اسم dengan benar.
·
Hafal macam-macam ال + اسم + اسم
dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
||
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
فى
الفصل
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
|
5
|
G
E N A P
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana
sesuai demgam materi tentang حد يقة البيت
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi : ال + اسم + اسم
|
2
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang حد يقة البيت
Seperti :
بين
– حديقة – شجرة – زهرة – ازهار – ياسمين – الورد – شكرا - عفوا
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
|
1
|
Hiwar tentang :
حد
يقة البيت
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
ال + اسم + اسم
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
|
|
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
حد
يقة البيت
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
ال + اسم +
اسم
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : حد يقة البيت
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
|
|
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
ال + اسم +
اسم
Seperti
هذا
بيتى – البيت جميل
هذه
حديقتى – الحديقة جميلة
Dan pertanyaan
هل
هذا بيتك ؟
هل
بيتك جميل ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ال + اسم + اسم dengan benar.
·
Hafal macam-macam ال + اسم + اسم
dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
حد يقة
البيت
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
|
6
|
G E N
A P
|
Mampu melakukan percakapan,
memahami wacana dan makna kata, serta membuat tulisan/karangan sederhana
sesuai demgam materi tentang غرفة الجلوس
Dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi :
هذا – هذه + ال + اسم + اسم
|
2
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat tentang غرفة الجلوس
Seperti :
غرفة
الجلوس – هذه الغرفة
جميلة
جدا – منظمة – منضدة – كراسى - مصباح
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
|
1
|
Hiwar tentang :
غرفة
الجلوس
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
هذا – هذه +
ال + اسم + اسم
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
|
|
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
غرفة
الجلوس
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
هذا – هذه +
ال + اسم + اسم
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : غرفة الجلوس
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
|
|
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ± 14 mufradat dalam struktur kalimat yang
meliputi :
هذا – هذه +
ال + اسم + اسم
Seperti
هذا
بيتى كبير
هذه
الغرفة جميلة
Dan pertanyaan
هل
هذا بيتك كبير ؟
هل
هذه الغرفة جميلة ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : هذا – هذه + ال + اسم + اسم dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam هذا – هذه + ال + اسم + اسم
dengan benar.
·
Hafal macam-macam هذا – هذه + ال + اسم + اسم dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
غرفة
الجلوس
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
|
7
|
G E N
A P
|
Mampu
melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat
tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang فى الصف
Dengan
menggunakan struktur kalimat dasar
yang meliputi :
ادوات الجر
|
2
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat
tentang فى الصف
Seperti :
طباشير – فى –
الحقيبة على المكتب – وراء – امام – خريطة – حائط - مسطتو
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
|
1
|
Hiwar tentang :
فى الصف
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
ادوات الجر
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
|
|
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
فى الصف
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
ادوات الجر
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : فى الصف
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
|
|
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ±
14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
ادوات الجر
Seperti
القلم فى
الحقيبة, الكتاب على المكتب, المدرسة امام السبورة
Dan pertanyaan
اين .........
؟
اين القلم
......... ؟
اين
المدرسة ؟
|
·
Menjelaskan kedudukan : ادوات الجر dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam ادوات الجر dengan benar.
·
Hafal macam-macam ادوات الجر dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan
menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
فى
الصف
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
|
8
|
G E N
A P
|
Mampu
melakukan percakapan, memahami wacana dan makna kata, serta membuat
tulisan/karangan sederhana sesuai demgam materi tentang مراجعة
Dengan
menggunakan struktur kalimat dasar
yang meliputi :
1 s/d 7
|
2
|
Mufrodat jadidah ± 14 mufradat
tentang مراجعة
Seperti :
1 s/d 5
|
·
Mengucapkan/melafalkan mufradat baru dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal mufrodat baru dengan baik dan benar.
·
Menyebutkan makna mufradat baru dengan baik dan benar
·
Menggunakan mufradat baru dengan tepat kedalam sebuah kalimat .
|
|
|
1
|
Hiwar tentang :
مراجعة
Dengan menggunakan mufrodat baru
dengan struktur kalimat yang meliputi :
1 s/d 5
|
·
Mengucapkan/Melafalkan materi hiwar dengan fasih dan intonasi yang
baik.
·
Hafal materi hiwar dengan baik dan benar.
·
Memperagakan/mendemontrasikan materi hiwar secara berpasangan
·
Membiasakan diri melakukan percakapan dengan fasih fasih dan benar.
|
|
|
|
2
|
Qira'ah dengan menggunakan
mufrodat baru tentang :
مراجعة
Dan struktur kalimat dasar yang
terdiri dari :
1 s/d 5
|
·
Melafalkan materi qira'ah dengan baik dan benar
·
Membaca materi qira'ah dengan fasih dengan intonasi yang baik dan
benar,
·
Memberi harakat pada materi qira'ah dengan baik sesuai dengan qawaidul
lughoh
·
Menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam qira'ah dengan baik dan
benar.
·
Mengidentifikasikan : مراجعة
·
Membiasakan diri berlatih
membacaan berbahasa arab dengan baik dan benar.
|
|
|
|
2
|
Al-Qowaid dengan menggunakan ±
14 mufradat dalam struktur kalimat yang meliputi :
مراجعة
Seperti
1 s/d 5
Dan pertanyaan
1 s/d 5
|
·
Menjelaskan kedudukan : 1 s/d 5dalam qowaidul lughah yang benar.
·
Menyebutkan macam-macam 1 s/d 5dengan benar.
·
Hafal macam-macam 1 s/d 5dengan benar
·
Menjelaskan penggunaan dhomir muzakkar dan muannast
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah di ajarkan.
·
Membiasakan diri menggunakan mufradat baru dan struktur kalimat dalam
percakapan dan latihan menulis sehari-hari.
|
|
|
|
1
|
Insya muwaajjah dengan menggunakan
mufradat baru dan struktur kalimat yang telah dipelajari.
|
·
Menulis dan menyusun serta membuat kalimat – kalimat sederhana
(karangan sederhana) mendekati tema :
مراجعة
·
Menulsi kalimat-kalimat arab melalui imla' manqul dan baik dan benar
sesuai qawidul dan imlaiyah
·
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
·
Melakukan Tanya jawab dengan menggunakan mufradat dan struktur kalimat
yang telah diajarkan.
·
Membiasakan diri menulis dengan menggunakan mufradat baru dan struktur
kalimat yang telah diajarkan dalam latihan sehari-hari
|
Jakarta, 17
Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Madrasah Diniyah Awwaliyah
Asy-Syifaa' Wali Kelas II Awwaliyah
H. ISKANDAR SYAH, M. Ag MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar