Selasa, 08 Mei 2012

SILABUS madrasah diniyah kelas 2


SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'

Unit                             : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat                        : Awwaliyah
Kelas/Semester            : II /II
Mata Pelajaran            : Fiqih
Standar Kompetensi   : “Memahami dan mengetahui tata cara Shalat sunnah


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tahajjud  dan mampu mempraktekkannya
Shalat Sunnah Tahajjud
Siswa mampu  :
a.  Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b.  memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c.   Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d.   Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tahajjud
a.  Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b. memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c.   Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d.   Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tahajjud
Lisan
Tertulis
Praktek
6 jam
Modul agama islam
Memahami dan mengetahui tata cara Menjama’ Shalat dan  mampu mempraktekkannya
Shalat Jama’
Siswa mampu :
a.  Menjelaskan pengertian Shalat  Jama'
b.  menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Jama'
c.  Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d.  Menjelaskan tata cara menjama' Shalat

a.    Menjelaskan pengertian Shalat  Jama'
b.  menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Jama'
c.  Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d.  Menjelaskan tata cara menjama' Shalat

Lisan
Tertulis
Praktek
4 jam
Modul agama islam
Memahami dan mengetahui tata cara Menqashar Shalat dan  mampu mempraktekkannya
Shalat Qashar
Siswa Mampu :
a.  Menjelaskan pengertian Shalat  Qashar
b.  menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Qashar
c.  Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d.  Menjelaskan tata cara Menqashar  Shalat

a.  Menjelaskan pengertian Shalat  Qashar
b.  menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Qashar
c.  Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d.  Menjelaskan tata cara Menqashar  Shalat
e.     
Lisan
Tertulis
Praktek
4 jam
Modul agama islam
Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Sahwi  dan  mampu mempraktekkannya
Sujud Sahwi
Siswa Mampu :
  1. Menjelaskan pengertian Sujud Sahwi
  2. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud
  3. Melafalkan bacaan sujud sahwi dengan fasih
  4. menjelaskan waktu sujud sahwi

  1. Menjelaskan pengertian Sujud Sahwi
  2. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud
  3. Melafalkan bacaan sujud sahwi dengan fasih
  4. menjelaskan waktu sujud sahwi

Lisan
Tertulis
Praktek
6 jam
Modul agama islam
Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Syukur dan  mampu mempraktekkannya
Sujud Syukur
Siswa mampu :
a.    Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud Syukur
c.    Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d.    menjelaskan waktu sujud syukur

a.    Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud Syukur
c.    Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d.    menjelaskan waktu sujud syukur

Lisan
Tertulis
Praktek
4 jam
Modul agama islam
Memahami dan mengetahui tata cara Shalat bagi orang sakit dan  mampu mempraktekkannya
Shalat Bagi Orang Sakit
Siswa mampu :
a.    Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b.    Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak mampu  berdiri dan tidak mampu duduk
c.    Menjelaskan tata cara shlat bagi orang yang tidak mampu menggerakkan
a.    Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b.    Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak mampu  berdiri dan tidak mampu duduk
c.    Menjelaskan tata cara shlat bagi orang yang tidak mampu menggerakkan
Lisan
Tertulis
Praktek
4 Jam
Modul agama islam



Pesantren Asy-Syifaa’                                                                                                                                     Jakarta, 12  Juli 2011




        H.  ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag.                              MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

      Kepala sekolah                                                  Wali Kelas II Awwaliyah



SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'
Unit                             : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat                        : Awwaliyah
Kelas/Semester            : II /II
Mata Pelajaran            : Al-Qur’an Hadits
Standar Kompetensi   : Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mengahafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
Pelajaran Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaa
Siswa dapat :
a.       Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat 
b.      Menghafal Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat 
c.       Mendemonstrasikan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat 

a.    Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat 
b.    Menghafal Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat 
c.    Mendemonstrasikan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-
Lisan
Tertulis

90 Menit
Modul agama islam
Mengahafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
Pelajaran Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
Siswa dapat :
a.       Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
b.      Menghafal Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
c.       Melafalkan nun Syaddah dan Mim Syaddah
a.    Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
b.   Menghafal Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
c.    Melafalkan nun Syaddah dan Mim Syaddah

Lisan
Tertulis

90 Menit
Modul agama islam
Al-Qur’an dengan Tajwid dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
AlQur’an dengan Tajwid
Siswa dapat :
a.  Menyebutkan huruf Idzhar
b.  Menjelasakan arti Idzhar
c.  Menjelaskan cara membaca Idzhar
d.  Melafalkan bacaan Idzhar
e.  Menunjukkan contoh-contoh bacaan Idzhar
f.   Menyebutkan huruf Idgham Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
g.  Menjelasakan arti Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
h.  Menjelaskan cara membaca Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
i.    Melafalkan bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
j.   Menunjukkan contoh-contoh bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah

a.    Menyebutkan huruf Idzhar
b.    Menjelasakan arti Idzhar
c.    Menjelaskan cara membaca Idzhar
d.    Melafalkan bacaan Idzhar
e.    Menunjukkan contoh-contoh bacaan Idzhar
f.     Menyebutkan huruf Idgham Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
g.    Menjelasakan arti Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
h.    Menjelaskan cara membaca Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
i.      Melafalkan bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
j.     Menunjukkan contoh-contoh bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
Lisan
Tertulis
Tugas
90 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi : Memahami maksud hadits tentang Iman, Islam dan Ihsan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami pokok kandungan hadits tentang Iman, Islam dan Ihsan
Hadits tentang Iman, Islam dan Ihsan
Siswa dapat :
a.  Melafalkan Hadits dengan fasih
b.  Menterjemahkan hadits dengan benar
c.  Menjelaskan isi kandungan hadits
d.  Hafal hadits dengan benar


a.    Melafalkan Hadits dengan fasih
b.   Menterjemahkan hadits dengan benar
c.    Menjelaskan isi kandungan hadits
d.    Hafal hadits dengan benar

Lisan
Tertulis
Tugas
90 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi : Membaca Al-Qur’an dengan tartil
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mengetahui pokok-pokok isi kandungan surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash yang berkenaan dengan aqidah dan ibadah
Pelajaran Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
Siswa dapat :
a.  Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
b.  Menghafal Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
c.  Menyebutkan arti surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
d.  Menyebutkan isi pokok kandungan surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash


a.    Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
b.    Menghafal Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
c.    Menyebutkan arti surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
d.    Menyebutkan isi pokok kandungan surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash

Lisan
Tertulis
Tugas
90 Menit
Modul agama islam
Pesantren Asy-Syifaa’                                                                                                                                     Jakarta, 12  Juli 2011



        H.  ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag.                              MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

Kepala sekolah                                                     Wali Kelas II Awwaliyah




SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'

Unit                             : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat                        : Awwaliyah
Kelas/Semester            : II /II
Mata Pelajaran            : Sejarah Islam
Standar Kompetensi   : Mengetahui dan Memahami Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mengetahui dan memahami peristiwa hijrahnya ke Thaif serta meneladani kesabaran beliau
Rasulullah SAW Hijrah ke Thaif
Siswa dapat :
a.  Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan  kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah Khadijah dan Abu Thalib wafat
b.  Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif
c.Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW  ketika hijrah ke Thaif
d.  Melafalkan Doa yang dibaca Nabi untuk penduduk Thaif

a.      Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan  kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah Khadijah dan Abu Thalib wafat
b.     Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif
c.      Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW  ketika hijrah ke Thaif
d.      Melafalkan Doa yang dibaca Nabi untuk penduduk Thaif

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : Mengetahui dan Memahami Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Mengetahui dan memahami peristiwa Isra’ Mi’raj dan Hijrah Rasul serta tantangan-tantangan yang dihadapiinya menjelang Hijrah
Isra’ Mi’raj dan Tantangan Masyarakat Mekkah
Siswa dapat :
a.    Menjelaskan Pengertian Isra’
b.    Menjelaskan Pengertian Mi’raj
c.    Menceritakan kembali peristiwa Isra Mi’raj
d.    Menggambarkan Nabi Muhammad SAW dan tantangan yang dihadapi menjelang Isra'
e.    Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra' Mi'raj
f.     menjelaskan tantangan masyarakat Mekkah baik yang mendukung atau yakin maupun yang menentang atau kafir
g.    menjelaskan inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah yang terkandung dalam pristiwa tersebut


a.    Menjelaskan Pengertian Isra’
b.    Menjelaskan Pengertian Mi’raj
c.    Menceritakan kembali peristiwa Isra Mi’raj
d.    Menggambarkan Nabi Muhammad SAW dan tantangan yang dihadapi menjelang Isra'
e.    Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra' Mi'raj
f.     menjelaskan tantangan masyarakat Mekkah baik yang mendukung atau yakin maupun yang menentang atau kafir
g.    menjelaskan inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah yang terkandung dalam pristiwa tersebut

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi : Mengetahui dan Memahami Peristiwa Hijrah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mengetahui dan memahami peristiwa hijrahnya Nabi dan para sahabat ke Madinah
Hijrah ke Madinah
Siswa dapat :
a.    Menggambarkan tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk mencari jalan keluar dari segala ancaman yang datang dari kafir Quraisy
b.    Menjelaskan tentang rencana-rencana jahat yang dilakukan kafir Quraisy untuk membinasakan Nabi Muhammad SAW dan umat Islam
c.    Menerangkan tentang penduduk Madinah memeluk  agama Islam
d.    Menjelaskan peristiwa Bai'at Aqabah pertama dan Bai'at Aqabah kedua
e.    Menyebutkan secara singkat sebab-sebab kaum Muslimin Hijrah ke Madinah
f.     Menceritakan kisah hijrahnya Nabi, Abu Bakar, Umar Usman dan Ali
g.    Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hijrah Nabi Muhammad ke Madinah


  1. Menggambarkan tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk mencari jalan keluar dari segala ancaman yang datang dari kafir Quraisy
  2. Menjelaskan tentang rencana-rencana jahat yang dilakukan kafir Quraisy untuk membinasakan Nabi Muhammad SAW dan umat Islam
  3. Menerangkan tentang penduduk Madinah memeluk  agama Islam
  4. Menjelaskan peristiwa Bai'at Aqabah pertama dan Bai'at Aqabah kedua
  5. Menyebutkan secara singkat sebab-sebab kaum Muslimin Hijrah ke Madinah
  6. Menceritakan kisah hijrahnya Nabi, Abu Bakar, Umar Usman dan Ali
g.      Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hijrah Nabi Muhammad ke Ma
Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                                                                                     Jakarta, 12  Juli 2011





        H.  ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag.                               MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

Kepala sekolah                                                         Wali Kelas II Awwaliyah







SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'

Unit                             : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat                        : Awwaliyah
Kelas/Semester            : II /II
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Standar Kompetensi   : Meyakini dan Mengimani Malaikat-malaikat Allah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mengimani adanya malaikat-malaikat Allah dan memahami tugas-tugasnya
Iman Kepada Malaikat
Siswa dapat :
a.  Mengimani adanya Malaikat Allah
b.  Menyebutkan asal kejadian Malaikat
c.  Menyebutkan nama-nama Malaikat
d.  menyebutkan tugas-tugas Malaikat

a.    Mengimani adanya Malaikat Allah
b.    Menyebutkan asal kejadian Malaikat
c.    Menyebutkan nama-nama Malaikat
d.    menyebutkan tugas-tugas Malaikat

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : Meyakini dan memahami Sifat-sifat Allah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami dan mengimani sifat-sifat Allah SWT dan membiasakan bersifat seperti yang diperintahkannya
Iman Kepada Allah SWT
Siswa dapat :
a.    Menjelaskan bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam)
b.    Menjelaskan bahwa Allah Kekal (BAQA')
c.    Menjelaskan bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
d.    Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah tidak Berpermulaan (Qidam), bahwa Allah Kekal (BAQA'), bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)

a.    Menjelaskan bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam)
b.   Menjelaskan bahwa Allah Kekal (BAQA')
c.    Menjelaskan bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
d.    Mengemukakan contoh sederhana bahwa Allah tidak Berpermulaan (Qidam), bahwa Allah Kekal (BAQA'), bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : Meyakini dan memahami Kitab-kitab Allah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami dan mengimani Kitab-kitab Allah dan mampu mengamalkannya
Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Siswa dapat :
a.   Menyebutkan Nama-nama kItab Allah
b.   Menyebytkan Nama-nama Rasul yang menerimanya
c.    Mengemukakan contoh cara mengimani Kitab Allah
d.   Menjadikan Kitab suci sebagai pedoman hidup

a.    Menyebutkan Nama-nama kItab Allah
b.    Menyebytkan Nama-nama Rasul yang menerimanya
c.    Mengemukakan contoh cara mengimani Kitab Allah
d.    Menjadikan Kitab suci sebagai pedoman hidup

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : terbiasa mengamalkan adab beribadah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami dan memahami adab beribadah kepada Allah dan dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Adab Beribadah
Siswa dapat :
a.   Menjelaskan pengertian masjid
b.   Menjelaskan pengertian puasa
c.    Menjelaskan adab ketika membaca Al-Qur'an
d.   Menjelaskan adab ketika berdo'a
e.   Mengamalkan adab-adab beribadah

a.    Menjelaskan pengertian masjid
b.    Menjelaskan pengertian puasa
c.    Menjelaskan adab ketika membaca Al-Qur'an
d.    Menjelaskan adab ketika berdo'a
e.    Mengamalkan adab-adab beribadah

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : Meyakini dan memahami Al-Qur’an
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Memahami dan mengimani Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
Al-Qur’anul Karim
Siswa dapat :
a.   Menjelaskan turunnya Al-Qur'an
b.   Menjelaskan Pengertian Al-Qur'an
c.    Menjelaskan cara mentaati Al-Qur'an

a.    Menjelaskan turunnya Al-Qur'an
b.    Menjelaskan Pengertian Al-Qur'an
c.    Menjelaskan cara mentaati Al-Qur'an

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Standar Kompetensi   : membiasakan diri menghindari Akhlak tercela
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Terbiasa menghindari sifat marah, dusta, malas, boros, dan kikir dalam prilaku sehari-hari
Akhlak Tercela
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian marah
b. Menjelaskan pengertian Dusta
c.  Menjelaskan pengertian Malas
d. Menjelaskan pengertian Boros
e. Menjelaskan pengertian Kikir

a.    Menjelaskan pengertian marah
b.    Menjelaskan pengertian Dusta
c.    Menjelaskan pengertian Malas
d.    Menjelaskan pengertian Boros
e.    Menjelaskan pengertian Kikir

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                                                                                     Jakarta, 12  Juli 2011




        H.  ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag.                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

Kepala sekolah                                                            Wali Kelas II Awwaliyah










SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'

Unit                             : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat                        : Awwaliyah
Kelas/Semester            : II /II
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Standar Kompetensi   : membiasakan diri mempelajari bahasa Arab

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegaiatan Belajar Mengajar
Penilaian
Alokasi
Sumber/bahan/Alat
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi tentang  حديقة البيتdengan menggunakan struktur kalimat yang mengikuti  ال + اسم + اسم

حديقة البيت
Siswa dapat :
  1. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
  2. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
  3. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
  4. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
  5. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
  6. Dapat membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
  7. Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.
  1. Membacakan/melafalkan materi hiwar
  2. memperagakan materi hiwar secara berpasangan
  3. mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
  4. menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
  5. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
  6. membacakan materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
  7. menulis kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi tentang   غرفة الجلوس dengan menggunakan struktur kalimat yang mengikuti
   هذا / هذه+ ال + اسم + اسم

غرفة الجلوس
Siswa dapat :
a.  Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b.  Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.  Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.  Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.  Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.   Dapat membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.  Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.
a.    mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b.    memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.    mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.    Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.    Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.     membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.    menulis kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi tentang   في الصف dengan menggunakan struktur kalimat yang mengikutiأدوات الجر   
في الصف "
Siswa dapat :
a.    Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b.    Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.    Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.    Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.    Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.     Dapat membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.    Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.


a.    mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b.    Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.    mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.    menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.    Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.     membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.    membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi 1 s/d 7 dengan menggunakan struktur kalimat yang meliputi materi 1 s/d 7”


مراجعة  "

Siswa dapat :
a.    Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b.    Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.    Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.    Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.    Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.     Dapat membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.    Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.
h.    Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat arab melalui Imla’ Manqul



a.    melafalkan materi hiwar
b.    memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c.    mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d.    menggunakan mufradat dengan tepat dalam  struktur kalimat
e.    Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.     membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.    menulis dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.
h.    menulis dan membuat kalimat-kalimat arab melalui Imla’ Manqul

Lisan
Tertulis

90
 Menit
Modul agama islam

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                                                                                     Jakarta, 12  Juli 2011




        H.  ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag.                 MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

 Kepala sekolah                                          Wali Kelas II Awwaliyah




2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...

    saya tertarik silabusnya,, bisa gak yah dikirim via email silabus, rpp, prota nya
    almanshuriyah_smp@yahoo.co.id
    terima kasih

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak ,,, sangat bermanfaat, jika bisa sy request silabus, rpp, prota kirim via email ke o_yan.pha2@yahoo.com

    BalasHapus