Jumat, 04 Mei 2012

RPP Kelas II Diniyah Takmiliyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         : 1-3
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit


A. Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Jum’at”

B. Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Jum’at dan mampu mempraktekkannya”

C. Indikator
1.   Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.       Menjelaskan waktu Shalat Jum’at
b.      Menjelaskan hal-hal  yang membatalkan shalat Jum'at
c.       Menyebutkan tata cara Shalat Jum’at
d.      Menyebutkan kedudukan hukum Shalat Jum'at 
e.       Menyebutkan Syarat Syah Shalat Jum’at
f.       Menyebutkan Syarat Wajib Shalat Jum’at
g.       Menjelaskan dalil Shalat Jum’at
2.   Keterampilan Sosial (Afektif)
a.       Memakai pakaian yang rapi dan bersih
b.      Memakai wangi-wangian
c.       Beribadah dengan khusu’
3.               Praktek (Psikomotorik)
a.       membiasakan datang awal  waktunya
b.      membiasakan mendengarkan khotib ketika shalat Jum’at
c.       Membiasakan berdzikir ketika shalat
D. Spiritualisasi Pendidikan

ياأيها الذين ءامنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله و ذروا البع ذلكم خير لمن إن كنتم تعملون


E.      Tujuan Pembelajaran.: Siswa dapat memahami tata cara shalat jum'at dan dapat melaksankn degan tertib,
F.    Materi Ajar
       “ Shalat Jum’at”

G.. Metode Pembelajaran  : Ceramah, demontrasi dan tanya Jawab.
H.. Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Jum’at
2.      Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan waktu Shalat Jum’at
b.      Menjelaskan hal-hal Menyebutkan tata cara shalat Jum'at
c.       Menyebutkan tata cara Shalat Jum’at
d.      Menyebutkan kedudukan hukum Shalat Jum'at 
e.       Menyebutkan Syarat Syah Shalat Jum’at
f.       Menyebutkan Syarat Wajib Shalat Jum’at
g.       Menjelaskan dalil Shalat Jum’at
3.      Penutup
a.       Mengadakan Post Tes
b.      Menyampaikan Kesimpulan
c.       Memberikan Tugas
I.        Sumber Pembelajaran
-          Buku    : Modul Agama Islam
-          Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’
J.       Billingual
Dzikir : Ingat kepada Allah
Catatan :
            
Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2010



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit

A. Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Rawatib”

B. Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Rawatib dan mampu mempraktekkannya”
C. Indikator
1.    Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.      Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Rawatib
b.      Menjelaskan tata cara Shalat Sunnah Rawatib
c.      Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Rawatib
d.      Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Rawatib
2.    Keterampilan Sosial (Afektif)
a.    Beribadah dengan khusus’
3.    Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan diri Shalat Sunnah Rawatib
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D.         Spiritualisasi Pendidikan

عن عبد الله بن عمر قال حفظت عن رسول الله صلى الله عليه و سلم : ركعتين فبل الظهر ركعتين بعد الظهر و ركعتين بعد المعرب و ركعتين بعد العشاء و ركعتين فبل العداة ( متفق عليه )


E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengetahui tentang shalat sunnah rawatib dan terbiasa melaksanakan.

F. Materi Ajar :
“ Shalat Sunnah Rawatib”

G. Metode : Ceramah Tanya jawab, dan praktek
H. Langkah-langkah  Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Sunnah Rawatib
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Rawatib
b.    Menjelaskan tata cara Shalat Sunnah Rawatib
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Rawatib
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Rawatib
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
I. Alat, Bahan/Sumber Belajar
-       Buku   : Modul Agama Islam
-       Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.             Billingual
 Rowatib : Mengiringi
Catatan :




Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2010



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit

 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tarawih”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tarawih dan mampu mempraktekkannya”
C.  Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.      Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tarawih
b.      memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tarawih
c.      Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Sunnah Tarawih
d.      Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tarawih
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.      Membiasakan diri Shalat Sunnah Tarawih
b.      Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D. Spiritualisasi Pendidikan

عن أبي هريرة قال : كان رسول الله صلى الله علبه و سلم يرغب في قيام رمضان من غير أن يأمر فيه بعزيمة فيقول من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

E.      Tujuan Pembelajaran.: Siswa dapat melaksankan tata cara shalat jum'at dan dapat melaksankn degan tertib,

F.    Materi Ajar 
“ Shalat Sunnah Tarawih”
G.   Metode Pembelajaran Caeranah dan Tanya jawab.
H.   Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Sunnah Tarawih
2.      Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tarawih
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tarawih
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Sunnah Tarawih
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tarawih
3.      Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas

I.     Sumber Pembelajaran
- Buku        : Modul Agama Islam
- Media       : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.     Billingual
  TArawih : Santai

Catatan :

         

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2010



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit

 



A. Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Witir”

B..Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Witir dan mampu mempraktekkannya”

C.  Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Witir
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Witir
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Sunnah Witir
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Witir
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan diri Shalat Sunnah Witir
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D. Spiritualisasi Pendidikan

عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله علبه و سلم من لم يوتر فلبس منا


E.    Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara shalat witir dan terbiasa melaksanakannya.
F.    Materi Ajar  :
“ Shalat Sunnah Witir”

G.   Metode Pembelajaran : Ceramah, demontrasi,dan Tanya jawab.
H.   Langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Sunnah Witir
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Witir
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Witir
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat  Sunnah Witir
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Witir
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
I.     Sumber Pembelajaran
-       Buku   : Modul Agama Islam
-       Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.     Billingual
       Witir : Ganjil

Catatan :



Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2010



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit

 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Idul Fitri”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Idul Fitri dan mampu mempraktekkannya”

C.    Indikator
1.  Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.  Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Idul Fitri
b.  memjelaskan tata cara Shalat Sunnah  Idul Fitri
c.Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat   Idul Fitri
d.  Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat  Idul Fitri
2.  Keterampilan Sosial (Afektif)
- Memakai pakaian yang rapi dan bersih
- Beribadah dengan khusus’
3.  Praktek (Psikomotorik)
·   membiasakan datang pada waktunya
·   membiasakan Shalat pada waktunya
·   membiasakan mendengarkan khotib ketika shalat Idul Fitri
·   Membiasakan berdzikir ketika shalat
D.   Spiritualisasi Pendidikan

الله اكبر, الله اكبر, الله اكبر

E. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara shalat iddul fitri dan mampu melaksanakannya.  
F.   Materi Pokok
“ Shalat I’dain”

G.   Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Idul Fitri
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Idul Fitri
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah  Idul Fitri
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat   Idul Fitri
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat  Idul Fitri
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
H.   Sumber Pembelajaran
- Buku        : Modul Agama Islam
- Media       : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

I.     Billingual
      I'dain : Shalat 2 hari raya

Catatan :


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.     Standar Kompetensi
      “Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Idul Adha”

B.     Kompetensi Dasar
      “Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Idul Adha dan mampu mempraktekkannya”

C. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.                   Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Idul Adha
b.                  memjelaskan tata cara Shalat Sunnah  Idul Adha
c.                   Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Idul Adha
d.                  Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat  Idul Adha
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
a.  Memakai pakaian yang rapi dan bersih
b.  Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.       membiasakan datang pada waktunya
b.      membiasakan Shalat pada waktunya
c.       membiasakan mendengarkan khotib ketika shalat Idul Adha
d.      Membiasakan berdzikir ketika shalat
D.. Spiritualisasi Pendidikan

فَصَلِّ لِرَبكَ وَانْحَر

E.    Tujuan pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara shalat iddul fitri dan mampu
F.      Materi Ajar.
      “ Shalat I’dain”

G.     Strategi Pembelajaran
1. Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Idul Adha
2.      Kegiatan Inti
a.       Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Idul Adha
b.      memjelaskan tata cara Shalat Sunnah  Idul Adha
c.       Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Idul Adha
d.      Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat  Idul Adha
3.      Penutup
a.       Mengadakan Post Tes
b.      Menyampaikan Kesimpulan
c.       Memberikan Tugas
H.     Sumber Pembelajaran
-          Buku    : Modul Agama Islam
-          Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

I.        Billingual
      Adha : Penyembelihan

Catatan :

            

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / I ( SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Dhuha”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Dhuha dan mampu mempraktekkannya”


D. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Dhuha
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Dhuha
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Dhuha
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Dhuha
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
Beribadah dengan khusu’
3.      Praktek (Psikomotorik)
Membiasakan diri Shalat Sunnah Dhuha
Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
C. Spiritualisasi Pendidikan
4ÇÊÈÓyÕÒ9$#ur
E.          Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara pelaksanaan shalat dhuha dan terbiasa melaksanakan.
F.          Materi Ajar.
“ Shalat Sunnah Dhuha”

G. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi dan Tanya jawab.

H.           Strategi Pembelajaran
1.  Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Sunnah Dhuha
2.  Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Dhuha
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Dhuha
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Dhuha
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Dhuha
3.  Penutup
·         Mengadakan Post Tes
·         Menyampaikan Kesimpulan
·         Memberikan Tugas
I.     Sumber Pembelajaran
-  Buku       : Modul Agama Islam
-  Media      : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.   Billingual
Dhuha : Waktu

Catatan :


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 



A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tahajjud”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tahajjud  dan mampu mempraktekkannya”

C. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c.     Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tahajjud
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
a.    Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan diri Shalat Sunnah Tahajjud
b. Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D. Spiritualisasi Pendidikan
z`ÏBur È@ø©9$# ô¤fygtFsù ¾ÏmÎ/ \'s#Ïù$tR y7©9 #Ó|¤tã br& y7sWyèö7tƒ y7/u $YB$s)tB #YŠqßJøt¤C ÇÐÒÈ
E.    Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara pelaksanaan shalat dhuha dan terbiasa melaksanakan.
F.      Materi Ajar.
“ Shalat Sunnah Dhuha”

G. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi dan Tanya jawab.

H. Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan shalat Sunnah Tahajjud
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b.    memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c.    Menyebutkan waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d.    Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah Tahajjud
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
I. Sumber Pembelajaran
- Buku       : Modul Agama Islam
- Media     : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.     Billingual
Tahajud : sepertiga malam

Catatan :


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Jama’”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Menjama’ Shalat dan  mampu mempraktekkannya”
C. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Shalat  Jama'
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Jama'
c.    Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d.    Menjelaskan tata cara menjama' Shalat
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
a.    Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.    Menyadari pentingnya shalat dalam keadaan apapun
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D.. Spiritualisasi Pendidikan.


E.    Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara pelaksanaan shalat dhuha dan terbiasa melaksanakan.
F.. Materi Ajar.
“ Shalat Sunnah Dhuha”

G. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demontrasi dan Tanya jawab.

F.    Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan Menjama’ Shalat
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat  Jama'
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Jama'
c.    Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d.    Menjelaskan tata cara menjama' Shalat
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.   Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
H.. Sumber Pembelajaran
-       Buku   : Modul Agama Islam
-       Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

I.. Billingual
      Jama’ : Mengumpulkan           Qoshar   : Meringkas


Catatan :

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat Qashar”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Menqashar Shalat dan  mampu mempraktekkannya”



C. Indikator
1.    Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Shalat  Qashar
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Qashar
c.    Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d.    Menjelaskan tata cara Menqashar  Shalat
2.    Keterampilan Sosial (Afektif)
a.    Beribadah dengan khusus’
3.    Praktek (Psikomotorik)
a.    Menyadari pentingnya shalat dalam keadaan apapun
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT

D. Spiritualisasi Pendidikan
E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat melaksanakan tata cara shalat qoshor dan mampu melaksanakan.
F. Materi Ajar
“ Shalat Qashar”
Qoshar   : Meringkas
G. Metode pembelajaran   : ceramah, demontasi dan Tanya jawab.
H.. Langkah  Pembelajaran
1.  Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan Menqashar Shalat
2.  Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Shalat  Qashar
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya  Qashar
c.    Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d.    Menjelaskan tata cara Menqashar  Shalat
3.  Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas

I.. Sumber Pembelajaran
-     Buku    : Modul Agama Islam
-     Media   : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.. Billingual
     Qoshar : Meringkas

Catatan :


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Sahwi”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Sahwi  dan  mampu mempraktekkannya”
C. Indikator
1.            Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.  Menjelaskan pengertian Sujud Sahwi
b.  menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud
c.  Melafalkan bacaan sujud sahwi dengan fasih
d.  menjelaskan waktu sujud sahwi
2.          Keterampilan Sosial (Afektif)
            Beribadah dengan khusus’
3.          Praktek (Psikomotorik)
a.    Menyadari adanya kealpaan diri
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT

D. Spiritualisasi Pendidikan
سُبحان الذي لا ينام ولا يسهو
E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahmi tata cara sujud shwi dan mampu melaksanakan.
F.  Materi Ajar.
“ Sujud Sahwi”
G. Metode Pembelajaran : Ceramah, demontrasi dan Tanya jawab.
H.. Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan Sujud Sahwi
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Sujud Sahwi
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud  Sahwi
c.    Melafalkan bacaan sujud sahwi dengan fasih
d.    menjelaskan waktu sujud sahwi
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas

I.. Sumber Pembelajaran
-     Buku   : Modul Agama Islam
-     Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

 J.. Billingual
      Sahwi : terlupa

Catatan :

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Syukur”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Sujud Syukur dan  mampu mempraktekkannya”

C. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud Syukur
c.    Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d.    menjelaskan waktu sujud syukur
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
Beribadah dengan khusus’
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan diri mensyukuri nikmat Allah
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan sikap  ketaatan kepada Allah SWT
D. Spiritualisasi Pendidikan
عَنْ أتي بكرة أنَّ البي صلى الله عليه وسلم كان إذا أتاه أوبشرى به خرساحدا شكرا الله
E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara sujud sahwi dan mampu melaksanakan.
F.  Materi Ajar.
“ Sujud Syukur”
G. Metode Pembelajaran :  Ceramah, demontrasi dan Tanya jawab.
H.. Strategi Pembelajaran
1.  Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan Sujud Syukur
2.  Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b.    menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud Syukur
c.    Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d.    menjelaskan waktu sujud syukur
3.  Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
I.. Sumber Pembelajaran
-       Buku   : Modul Agama Islam
-       Media : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.. Billingual
      Syukur : terimakasih kepada sang pencipta.

Catatan :

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009




        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : FIQIH
KELAS / SEMESTER                    : II / II (DUA)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A.    Standar Kompetensi
“Memahami dan mengetahui tata cara Sahalat Bagi Orang Sakit”

B.    Kompetensi Dasar
“Memahami dan mengetahui tata cara Shalat bagi orang sakit dan  mampu mempraktekkannya”

C. Indikator
1.      Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.  Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b.  Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak mampu  berdiri dan tidak mampu duduk
c.  Menjelaskan tata cara shlat bagi orang yang tidak mampu menggerakkan anggota badan
2.      Keterampilan Sosial (Afektif)
a.    Beribadah dengan khusus’
b.    Merasa rugi bila tidak melaksanakan Shalat
3.      Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan melakukan Shalat
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan menjiwai pentingnya shalat.
D. Spiritualisasi Pendidikan


E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami tata cara orang sakit dan mampu mempraktekkan.

F. Materi Ajar.
     “ Shalat Bagi Orang Sakit”
G.. Metode  Pembelajaran : Ceramah, demontrasi dan Tanya jawab
H.. Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap pelaksanaan Shalat bagi orang sakit.
2.    Kegiatan Inti
a.    Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b.    Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak mampu  berdiri dan tidak mampu duduk
c.    Menjelaskan tata cara shalat bagi orang yang tidak mampu menggerakkan anggota badan
3.    Penutup
a.  Mengadakan Post Tes
b.  Menyampaikan Kesimpulan
c. Memberikan Tugas
I.. Sumber Pembelajaran
-       Buku        : Modul Agama Islam
-       Media       : Musholla Pesantren Asy-Syifaa’

J.. Billingual
     Ruhsoh : Keringanan.

Catatan :


Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER                    : II / I (SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A. Standar Kompetensi
“Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid”
B. Kompetensi Dasar
“Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari”
C. Indikator
1.    Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.      Menyebutkan huruf Iqlab
b.      Menjelasakan arti Iqlab
c.      Menjelaskan cara membaca Iqlab
d.      Melafalkan bacaan Iqlab
e.      Menunjukkan contoh-contoh bacaan Iqlab
f.       Menyebutkan huruf Ikhfa’
g.      Menjelasakan arti Ikhfa’
h.      Menjelaskan cara membaca Ikhfa’
i.        Melafalkan bacaan Ikhfa’
j.       Menunjukkan contoh-contoh bacaan Ikhfa’
2.    Keterampilan Sosial (Afektif)
Memahami hukum-hukum tajwid
3.    Praktek (Psikomotorik)
a.      Membiasakan membawa dan membaca Al-Qur’an
b.      Membiasakan membaca dengan tartil
c.      Menunjukkan prilaku yang mencerminkan jiwa Al-Qur’an.
D. Spiritualisasi Pendidikan
و رتل القرآن ترتيلا
E. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membaca dengan menggunakan tajwid dan mampu mempraktekkan.
F. Materi Ajar
“ Pelajaran Tajwid”
H.. Langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap memahami tajwid dan membaca Alqur’an.
2.    Kegiatan Inti
a.    Menyebutkan huruf Iqlab
b.    Menjelasakan arti Iqlab
c.    Menjelaskan cara membaca Iqlab
d.    Melafalkan bacaan Iqlab
e.    Menunjukkan contoh-contoh bacaan Iqlab
f.     Menyebutkan huruf Ikhfa’
g.    Menjelasakan arti Ikhfa’
h.    Menjelaskan cara membaca Ikhfa’
i.      Melafalkan bacaan Ikhfa’
j.     Menunjukkan contoh-contoh bacaan Ikhfa’
3.    Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas
I..Sumber Pembelajaran
- Buku        : Modul Agama Islam
- Media       : Model-model huruf  hijaiyah
J.. Billingual
Bacaan Iqlab : Bacaan membalik        Ihfa : Samar/sengau

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                      : AL-QUR’AN HADITS
KELAS / SEMESTER                    : II / I (SATU)
PERTEMUAN KE                         :
ALOKASI WAKTU                       : 45 Menit
 


A. Standar Kompetensi
“Memahami maksud haduts tentang menghormati orang tua dan persaudaraan”

B. Kompetensi Dasar
“Memahami pokok kandungan haduts tentang menghormati orang tua dan persaudaraan”

C. Spiritualisasi Pendidikan
رِضَا الله فى رض الوالدين وسخط الله فى سخط الوالديى
D. Indikator
1.        Pemahaman Konsep (Kognitif)
a.    Melafalkan Hadits dengan fasih
b.    Menterjemahkan hadits dengan benar
c.    Menjelaskan isi kandungan hadits
d.    Hafal hadits dengan benar
2.        Keterampilan Sosial (Afektif)
Memahami maksud hadits
3.        Praktek (Psikomotorik)
a.    Membiasakan memperdalami as-Sunnah
b.    Menunjukkan prilaku yang mencerminkan isi kandungan hadits.

E. Materi Pokok
“ Hadits tentang Menghormati orang tua dan persaudaraan”

F.    Sumber Pembelajaran
-       Buku        : Modul Agama Islam

G.     Billingual

H.     Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
Apersepsi dan mempersiapkan siswa agar benar-benar siap menerima pelajaran/siap belajar dengan jalan memberi motivasi dan penalaran terhadap memahami isi kandungan hadits.
2.    Kegiatan Inti
a.    Melafalkan Hadits dengan fasih
b.    Menterjemahkan hadits dengan benar
c.    Menjelaskan isi kandungan hadits
d.    Menghafal hadits dengan benar
3.    Hafal hadits dengan benar Penutup
a.    Mengadakan Post Tes
b.    Menyampaikan Kesimpulan
c.    Memberikan Tugas

Catatan :

Pesantren Asy-Syifaa’                                                                             Jakarta, 17  Juli 2009



        H.  ISKANDAR SYAH, Lc. M. Ag                                MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, A.Md

             Kepala sekolah                                                                        Wali Kelas II Awwaliyah













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar