SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH
AWWALIYAH
PESANTREN
ASY-SYIFAA'
Unit : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat : Awwaliyah
Kelas/Semester : II /II
Mata Pelajaran : Fiqih
Standar Kompetensi : “Memahami dan mengetahui tata
cara Shalat sunnah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
dan mampu mempraktekkannya
|
Shalat Sunnah
Tahajjud
|
Siswa
mampu :
a. Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b. memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c. Menyebutkan
waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d. Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah
Tahajjud
|
a. Menjelaskan pengertian Shalat Sunnah Tahajjud
b. memjelaskan tata cara Shalat Sunnah Tahajjud
c. Menyebutkan
waktu dan bilangan raka'at Shalat Sunnah Tahajjud
d. Mengungkapkan keutamaan-keutamaan Shalat Sunnah
Tahajjud
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
6 jam
|
Modul agama islam
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Menjama’ Shalat dan
mampu mempraktekkannya
|
Shalat Jama’
|
Siswa mampu :
a. Menjelaskan pengertian Shalat Jama'
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya Jama'
c. Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d. Menjelaskan tata cara menjama' Shalat
|
a. Menjelaskan pengertian Shalat Jama'
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya Jama'
c. Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Jama'
d. Menjelaskan tata cara menjama' Shalat
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
4 jam
|
Modul agama islam
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Menqashar Shalat dan
mampu mempraktekkannya
|
Shalat Qashar
|
Siswa Mampu :
a. Menjelaskan pengertian Shalat Qashar
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya Qashar
c. Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d. Menjelaskan tata cara Menqashar Shalat
|
a. Menjelaskan pengertian Shalat Qashar
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan bolehnya Qashar
c. Menyebutkan Shalat-shalat yang boleh di Qashar
d. Menjelaskan tata cara Menqashar Shalat
e.
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
4 jam
|
Modul agama islam
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Sujud Sahwi
dan mampu mempraktekkannya
|
Sujud Sahwi
|
Siswa Mampu :
|
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
6 jam
|
Modul agama islam
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Sujud Syukur dan
mampu mempraktekkannya
|
Sujud Syukur
|
Siswa mampu :
a. Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud
Syukur
c. Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d. menjelaskan waktu sujud syukur
|
a. Menjelaskan pengertian Sujud Syukur
b. menjelaskan hal-hal yang menyebabkan terjadinya Sujud
Syukur
c. Melafalkan bacaan sujud syukur dengan fasih
d. menjelaskan waktu sujud syukur
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
4 jam
|
Modul agama islam
|
Memahami dan
mengetahui tata cara Shalat bagi orang sakit dan mampu mempraktekkannya
|
Shalat Bagi
Orang Sakit
|
Siswa mampu :
a. Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b. Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak
mampu berdiri dan tidak mampu duduk
c. Menjelaskan tata cara shlat bagi orang yang tidak
mampu menggerakkan
|
a. Menjelaskan tata cara Shalat bagi orang yang sakit
b. Menjelaskan tata cara shalat orang yang tidak
mampu berdiri dan tidak mampu duduk
c. Menjelaskan tata cara shlat bagi orang yang tidak
mampu menggerakkan
|
Lisan
Tertulis
Praktek
|
4 Jam
|
Modul agama islam
|
Pesantren
Asy-Syifaa’ Jakarta, 12
Juli 2011
H.
ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag. MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I
Kepala sekolah Wali Kelas II Awwaliyah
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH
AWWALIYAH
PESANTREN
ASY-SYIFAA'
Unit : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat : Awwaliyah
Kelas/Semester : II /II
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Standar Kompetensi : Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mengahafal
surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
|
Pelajaran
Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaa
|
Siswa dapat :
a. Melafalkan Al-Qur’an
surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat
b. Menghafal Al-Qur’an
surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat
c. Mendemonstrasikan
Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-‘Aadiyaat
|
a. Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan
Al-‘Aadiyaat
b. Menghafal Al-Qur’an surat Al-Qadr dan
Al-‘Aadiyaat
c. Mendemonstrasikan Al-Qur’an surat Al-Qadr dan Al-
|
Lisan
Tertulis
|
90 Menit
|
Modul agama islam
|
Mengahafal
surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
|
Pelajaran
Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
|
Siswa dapat :
a. Melafalkan Al-Qur’an
surat Al-Ghasyiyah
b. Menghafal Al-Qur’an
surat Al-Ghasyiyah
c. Melafalkan nun Syaddah
dan Mim Syaddah
|
a. Melafalkan Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
b. Menghafal Al-Qur’an surat Al-Ghasyiyah
c. Melafalkan nun Syaddah dan Mim Syaddah
|
Lisan
Tertulis
|
90 Menit
|
Modul agama islam
|
Al-Qur’an
dengan Tajwid dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
AlQur’an dengan
Tajwid
|
Siswa dapat :
a. Menyebutkan huruf Idzhar
b. Menjelasakan arti Idzhar
c. Menjelaskan cara membaca Idzhar
d. Melafalkan bacaan Idzhar
e. Menunjukkan contoh-contoh bacaan Idzhar
f.
Menyebutkan
huruf Idgham Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
g. Menjelasakan arti Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
h. Menjelaskan cara membaca Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
i.
Melafalkan
bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
j.
Menunjukkan
contoh-contoh bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
|
a. Menyebutkan huruf Idzhar
b. Menjelasakan arti Idzhar
c. Menjelaskan cara membaca Idzhar
d. Melafalkan bacaan Idzhar
e. Menunjukkan contoh-contoh bacaan Idzhar
f. Menyebutkan huruf Idgham Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
g. Menjelasakan arti Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
h. Menjelaskan cara membaca Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
i. Melafalkan bacaan Bi-Ghunnah dan Bila-Ghunnah
j. Menunjukkan contoh-contoh bacaan Bi-Ghunnah dan
Bila-Ghunnah
|
Lisan
Tertulis
Tugas
|
90 Menit
|
Modul agama islam
|
Standar
Kompetensi : Memahami maksud hadits tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami pokok kandungan hadits
tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Hadits tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Siswa dapat :
a. Melafalkan Hadits dengan fasih
b. Menterjemahkan hadits dengan benar
c. Menjelaskan isi kandungan hadits
d. Hafal hadits dengan benar
|
a. Melafalkan Hadits dengan fasih
b. Menterjemahkan hadits dengan benar
c. Menjelaskan isi kandungan hadits
d. Hafal hadits dengan benar
|
Lisan
Tertulis
Tugas
|
90 Menit
|
Modul agama islam
|
Standar
Kompetensi : Membaca Al-Qur’an dengan tartil
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mengetahui
pokok-pokok isi kandungan surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash yang berkenaan
dengan aqidah dan ibadah
|
Pelajaran
Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
|
Siswa dapat :
a. Melafalkan Al-Qur’an
b. Menghafal Al-Qur’an
c. Menyebutkan arti
d. Menyebutkan isi pokok kandungan
|
a.
Melafalkan
Al-Qur’an surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
b.
Menghafal Al-Qur’an
surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
c.
Menyebutkan
arti surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
d.
Menyebutkan isi
pokok kandungan surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlash
|
Lisan
Tertulis
Tugas
|
90 Menit
|
Modul agama islam
|
Pesantren
Asy-Syifaa’ Jakarta, 12
Juli 2011
H.
ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag. MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I
Kepala sekolah Wali Kelas II Awwaliyah
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH
AWWALIYAH
PESANTREN
ASY-SYIFAA'
Unit : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat : Awwaliyah
Kelas/Semester : II /II
Mata Pelajaran : Sejarah Islam
Standar Kompetensi : Mengetahui dan
Memahami Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mengetahui dan memahami peristiwa
hijrahnya ke Thaif serta meneladani kesabaran beliau
|
Rasulullah SAW
Hijrah ke Thaif
|
Siswa dapat :
a. Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah
Khadijah dan Abu Thalib wafat
b. Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif
c.Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Thaif
d. Melafalkan Doa yang dibaca Nabi untuk
penduduk Thaif
|
a. Menerangkan tentang makin kuatnya tekanan kaum Musyrikin terhadap Nabi setelah
Khadijah dan Abu Thalib wafat
b. Menjelaskan maksud Nabi Muhammad SAW ke Thaif
c. Menceritakan pengalaman Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Thaif
d. Melafalkan Doa yang dibaca Nabi untuk penduduk Thaif
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : Mengetahui dan Memahami Peristiwa
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
||||||
Mengetahui dan
memahami peristiwa Isra’ Mi’raj dan Hijrah Rasul serta tantangan-tantangan
yang dihadapiinya menjelang Hijrah
|
Isra’ Mi’raj
dan Tantangan Masyarakat Mekkah
|
Siswa dapat :
a.
Menjelaskan
Pengertian Isra’
b.
Menjelaskan
Pengertian Mi’raj
c.
Menceritakan
kembali peristiwa Isra Mi’raj
d.
Menggambarkan
Nabi Muhammad SAW dan tantangan yang dihadapi menjelang Isra'
e.
Menceritakan
pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra' Mi'raj
f.
menjelaskan
tantangan masyarakat Mekkah baik yang mendukung atau yakin maupun yang
menentang atau kafir
g.
menjelaskan
inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah yang terkandung dalam pristiwa tersebut
|
a.
Menjelaskan
Pengertian Isra’
b.
Menjelaskan
Pengertian Mi’raj
c.
Menceritakan
kembali peristiwa Isra Mi’raj
d.
Menggambarkan
Nabi Muhammad SAW dan tantangan yang dihadapi menjelang Isra'
e.
Menceritakan
pengalaman Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra' Mi'raj
f.
menjelaskan
tantangan masyarakat Mekkah baik yang mendukung atau yakin maupun yang
menentang atau kafir
g.
menjelaskan
inti pesan Isra' Mi'raj serta hikmah yang terkandung dalam pristiwa tersebut
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar
Kompetensi : Mengetahui dan Memahami Peristiwa Hijrah
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mengetahui dan
memahami peristiwa hijrahnya Nabi dan para sahabat ke Madinah
|
Hijrah ke
Madinah
|
Siswa dapat :
a.
Menggambarkan
tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk mencari jalan
keluar dari segala ancaman yang datang dari kafir Quraisy
b.
Menjelaskan
tentang rencana-rencana jahat yang dilakukan kafir Quraisy untuk membinasakan
Nabi Muhammad SAW dan umat Islam
c.
Menerangkan
tentang penduduk Madinah memeluk agama
Islam
d.
Menjelaskan
peristiwa Bai'at Aqabah pertama dan Bai'at Aqabah kedua
e.
Menyebutkan
secara singkat sebab-sebab kaum Muslimin Hijrah ke Madinah
f.
Menceritakan
kisah hijrahnya Nabi, Abu Bakar, Umar Usman dan Ali
g.
Menjelaskan
hikmah yang terkandung dalam hijrah Nabi Muhammad ke Madinah
|
g. Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hijrah Nabi
Muhammad ke Ma
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Pesantren
Asy-Syifaa’ Jakarta, 12
Juli 2011
H.
ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag. MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I
Kepala sekolah Wali Kelas II Awwaliyah
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH
AWWALIYAH
PESANTREN
ASY-SYIFAA'
Unit : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat : Awwaliyah
Kelas/Semester : II /II
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Standar Kompetensi : Meyakini dan
Mengimani Malaikat-malaikat Allah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mengimani adanya malaikat-malaikat Allah dan memahami
tugas-tugasnya
|
Iman Kepada
Malaikat
|
Siswa dapat :
a. Mengimani adanya Malaikat Allah
b. Menyebutkan asal kejadian Malaikat
c. Menyebutkan nama-nama Malaikat
d. menyebutkan tugas-tugas Malaikat
|
a.
Mengimani
adanya Malaikat Allah
b.
Menyebutkan
asal kejadian Malaikat
c.
Menyebutkan
nama-nama Malaikat
d.
menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : Meyakini dan
memahami Sifat-sifat Allah
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami dan mengimani sifat-sifat Allah SWT dan
membiasakan bersifat seperti yang diperintahkannya
|
Iman Kepada
Allah SWT
|
Siswa dapat :
a.
Menjelaskan
bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam)
b.
Menjelaskan
bahwa Allah Kekal (BAQA')
c.
Menjelaskan
bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
d.
Mengemukakan
contoh sederhana bahwa Allah tidak Berpermulaan (Qidam), bahwa Allah Kekal
(BAQA'), bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
|
a.
Menjelaskan
bahwa Allah tidak berpermulaan (Qidam)
b.
Menjelaskan
bahwa Allah Kekal (BAQA')
c.
Menjelaskan
bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
d.
Mengemukakan
contoh sederhana bahwa Allah tidak Berpermulaan (Qidam), bahwa Allah Kekal
(BAQA'), bahwa Allah Maha Esa (WAHDANIYAH)
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : Meyakini dan
memahami Kitab-kitab Allah
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami dan mengimani Kitab-kitab Allah dan mampu
mengamalkannya
|
Iman Kepada
Kitab-kitab Allah
|
Siswa dapat :
a.
Menyebutkan
Nama-nama kItab Allah
b.
Menyebytkan
Nama-nama Rasul yang menerimanya
c.
Mengemukakan
contoh cara mengimani Kitab Allah
d.
Menjadikan
Kitab suci sebagai pedoman hidup
|
a. Menyebutkan Nama-nama kItab Allah
b. Menyebytkan Nama-nama Rasul yang menerimanya
c. Mengemukakan contoh cara mengimani Kitab Allah
d. Menjadikan Kitab suci sebagai pedoman hidup
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : terbiasa
mengamalkan adab beribadah
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami dan memahami adab beribadah kepada Allah dan
dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Adab Beribadah
|
Siswa dapat :
a.
Menjelaskan
pengertian masjid
b.
Menjelaskan
pengertian puasa
c.
Menjelaskan
adab ketika membaca Al-Qur'an
d.
Menjelaskan
adab ketika berdo'a
e.
Mengamalkan
adab-adab beribadah
|
a. Menjelaskan pengertian masjid
b. Menjelaskan pengertian puasa
c. Menjelaskan adab ketika membaca Al-Qur'an
d. Menjelaskan adab ketika berdo'a
e. Mengamalkan adab-adab beribadah
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : Meyakini dan
memahami Al-Qur’an
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Memahami dan mengimani Al-Qur’an dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Al-Qur’anul
Karim
|
Siswa dapat :
a.
Menjelaskan
turunnya Al-Qur'an
b.
Menjelaskan
Pengertian Al-Qur'an
c.
Menjelaskan
cara mentaati Al-Qur'an
|
a. Menjelaskan turunnya Al-Qur'an
b. Menjelaskan Pengertian Al-Qur'an
c. Menjelaskan cara mentaati Al-Qur'an
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Standar Kompetensi : membiasakan
diri menghindari Akhlak tercela
|
||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Terbiasa menghindari sifat marah, dusta, malas, boros,
dan kikir dalam prilaku sehari-hari
|
Akhlak Tercela
|
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian marah
b. Menjelaskan pengertian Dusta
c. Menjelaskan pengertian Malas
d. Menjelaskan pengertian Boros
e. Menjelaskan pengertian Kikir
|
a.
Menjelaskan
pengertian marah
b.
Menjelaskan
pengertian Dusta
c.
Menjelaskan
pengertian Malas
d.
Menjelaskan
pengertian Boros
e.
Menjelaskan
pengertian Kikir
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Pesantren
Asy-Syifaa’ Jakarta, 12
Juli 2011
H.
ISKANDAR SYAH, LC, M. Ag. MOH. SYAIFUDDIN ZUHRI, S. Pd.I
Kepala sekolah Wali Kelas II Awwaliyah
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MADRASAH DINIYAH
AWWALIYAH
PESANTREN ASY-SYIFAA'
Unit : Pesantren Asy-Syifaa’
Tingkat : Awwaliyah
Kelas/Semester : II /II
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Standar Kompetensi : membiasakan diri mempelajari bahasa
Arab
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegaiatan Belajar Mengajar
|
Penilaian
|
Alokasi
|
Sumber/bahan/Alat
|
Mampu melakukan
percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai dengan
materi tentang حديقة البيتdengan
menggunakan struktur kalimat yang mengikuti
ال + اسم + اسم
|
حديقة البيت
|
Siswa dapat :
|
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan
membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi tentang غرفة الجلوس dengan menggunakan struktur
kalimat yang mengikuti
هذا / هذه+ ال + اسم + اسم
|
غرفة الجلوس
|
Siswa dapat :
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam struktur kalimat
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.
Dapat membaca
materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g. Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan
memperhatikan struktur yang ada.
|
a.
mengungkapkan
/melafalkan materi hiwar
b.
memperagakan
materi hiwar secara berpasangan
c.
mengungkapkan/melafalkan
mufradat baru
d.
Dapat
menggunakan mufradat dengan tepat dalam
struktur kalimat
e.
Menjelaskan
penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.
membaca materi
qira’ah dengan fasih dan intonasi yang benar
g.
menulis kalimat
sederhana dengan memperhatikan struktur yang ada.
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Mampu melakukan percakapan, memahami wacana, dan
membuat tulisan sederhana sesuai dengan materi tentang في الصف dengan
menggunakan struktur kalimat yang mengikutiأدوات الجر
|
في الصف "
|
Siswa dapat :
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam struktur kalimat
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.
Dapat membaca materi qira’ah dengan
fasih dan intonasi yang benar
g. Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan
memperhatikan struktur yang ada.
|
a. mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c. mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d. menggunakan mufradat dengan tepat dalam struktur kalimat
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f. membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang
benar
g. membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan
struktur yang ada.
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Mampu
melakukan percakapan, memahami wacana, dan membuat tulisan sederhana sesuai
dengan materi 1 s/d 7 dengan menggunakan struktur kalimat yang meliputi
materi 1 s/d 7”
|
مراجعة
" ”
|
Siswa dapat :
a. Dapat mengungkapkan /melafalkan materi hiwar
b. Dapat memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c. Dapat mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d. Dapat menggunakan mufradat dengan tepat dalam struktur kalimat
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f.
Dapat membaca materi qira’ah dengan
fasih dan intonasi yang benar
g. Dapat menulis dan membuat kalimat sederhana dengan
memperhatikan struktur yang ada.
h. Dapat menulis dan membuat kalimat-kalimat arab melalui
Imla’ Manqul
|
a. melafalkan materi hiwar
b. memperagakan materi hiwar secara berpasangan
c. mengungkapkan/melafalkan mufradat baru
d. menggunakan mufradat dengan tepat dalam struktur kalimat
e. Menjelaskan penggunaan dhomir mudzakkkar dan mu'annas
f. membaca materi qira’ah dengan fasih dan intonasi yang
benar
g. menulis dan membuat kalimat sederhana dengan
memperhatikan struktur yang ada.
h. menulis dan membuat kalimat-kalimat arab melalui Imla’
Manqul
|
Lisan
Tertulis
|
90
Menit
|
Modul agama islam
|
Pesantren
Asy-Syifaa’ Jakarta, 12 Juli 2011
Assalamu'alaikum...
BalasHapussaya tertarik silabusnya,, bisa gak yah dikirim via email silabus, rpp, prota nya
almanshuriyah_smp@yahoo.co.id
terima kasih
terimakasih banyak ,,, sangat bermanfaat, jika bisa sy request silabus, rpp, prota kirim via email ke o_yan.pha2@yahoo.com
BalasHapusAssalamualaikum. Terimakasih banyak pak.. sangat bermanfaat sekali. :)
BalasHapusbisa sy request silabus, rpp, prota kirim via email ; affandiy@gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum wr wb
BalasHapusMohon ijin bila berkenan kami dari madin Al Hanif Purworejo ingin request silabus. Rpp.prota, bisa dikirim via email bozze.id@gmail.com. wass wr wb
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusMohon ijin bila berkenan kami dari madin Al Hanif Purworejo ingin request silabus. Rpp.prota, bisa dikirim via email bozze.id@gmail.com. wass wr wb
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusMohon ijin bila berkenan berbagi silabus,RPP, prota, promes, bisa dikirim via email mawaddah.selvynurul@gmail.com. terima kasih. wassalam wr wb